Pemkab Bima dan BPKP NTB Gelar Rakor EVRAN | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Pemkab Bima dan BPKP NTB Gelar Rakor EVRAN | SorotNTB

Selasa, 19 September 2023

Rapat Koordinasi Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran

Bima, SorotNTB.com
- Rapat Koordinasi Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran (EVRAN) lima program prioritas yang mencakup pengentasan kemiskinan, penurunan stunting, ketahanan pangan, pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing pariwisata lingkup perangkat daerah Kabupaten Bima berlangsung Selasa (19/9) di ruang rapat utama Kantor Bupati Bima.


Wakil Bupati Bima H. Dahlan M.Noer yang  didampingi Kepala BPKP Provinsi NTB Sidi Purnomo, Inspektur Kabupaten Bima Drs. Agus Salim M.Si para Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang terkait program prioritas tersebut mengatakan bahwa kelima cakupan program tersebut selaras dengan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2023 yang mengusung tema Penguatan Sumber Daya Manusia dan infrastruktur kawasan strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.


"Agar program prioritas tersebut mencapai sasaran yang telah ditetapkan Kepala OPD terkait diinstruksikan untuk mendukung dan memfasilitasi akses data dan informasi yang diperlukan untuk menunjang kelancaran kegiatan yang dilaksanakan oleh BPKP".


Di samping itu lanjut Dahlan, OPD pengampu lima prioritas utama tersebut perlu memperhatikan area perbaikan yang harus ditindaklanjuti.  Tentu  dengan mengacu kepada catatan rekomendasi perbaikan,  baik pada aspek perencanaan maupun penganggaran yang efektif dan efisien serta berorientasi pada tujuan pembangunan daerah". Tandas Dahlan. 


Pada kesempatan tersebut Kepala BPKP Perwakilan Provinsi NTB  Sidi Purnomo mengemukakan alasan pentingnya evaluasi perencanaan dan penganggaran.


Menurutnya, porsi anggaran yang semakin terbatas dan tidak sebanding dengan tuntutan kebutuhan yang makin kompleks memerlukan aspek evaluasi. Disamping  penyerapan anggaran yang tinggi namun hasil yang dirasakan oleh manfaat masyarakat tidak optimal serta kurangnya kolaborasi antar unit kerja mendorong pentingnya mengedepankan aspek evaluasi. 


Dengan cara ini, terang Sidi, perangkat kerja dapat memperbaiki fokus dan strategi, memperjelas ukuran kinerja agar realisasi kegiatan dapat diukur dengan benar, melakukan refocusing anggaran kegiatan yang lebih efektif dan efisien juga melakukan realokasi SDM.


Selain kepala Bappeda dan Litbang  Kabupaten Bima  Taufik ST, MT membahas topik perencanaan dan penganggaran program kegiatan Kabupaten Bima tahun 2023


Taufik memaparkan lima aspek yang mencakup program pengentasan kemiskinan melalui rencana aksi penanggulangan kemiskinan, intervensi penurunan stunting terintegrasi. Fokus program dan penganggaran sektor ketahanan pangan strategi dan program pemberdayaan UMKM serta peningkatan daya saing Pariwisata Kabupaten Bima".Terangnya. (SRT-03)