BRIDA dan Disnaker Kota Bima Sepakati Buat Aplikasi Info lowongan Kerja | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

BRIDA dan Disnaker Kota Bima Sepakati Buat Aplikasi Info lowongan Kerja | SorotNTB

Minggu, 15 Januari 2023

 


Kepala BRIDA Kunjungi Disnaker Bahas Kerjasama Info Lowongan Kerja secara Online 

Kota Bima, SorotNTB.com
-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Bima telah menyepakati membuat aplikasi untuk memudahkan para calon tenaga kerja di Kota Bima mendapatkan informasi secara online lowongan kerja. Hal itu terungkap pada pertemuan dua kepala OPD tersebut di kantor Disnaker, Kamis 12 Januari 2023.


Beberapa agenda itu terungkap setelah keduanya memahami kondisi dan kebutuhan saat ini. “Sebagai bentuk pelayanan terbaik untuk warga Kota Bima yang membutuhkan informasi lapangan kerja, dan Saya bersyukur adanya rencana kerjasama dengan BRIDA, Kita akan siapkan semua data yang dibutuhkan,” ujar Kepala Disnaker, Drs. H. Tafsir, Kamis.


Ia menjelaskan, sebelumnya Dinas yang dipimpinnya itu telah melakukan kerjasama dengan sejumlah penyedia tenaga kerja yang berlokasi baik di Kota Bima maupun di kabupaten Bima, demikian juga dengan informasi tentang lowongan kerja di luar negeri. “Ada beberapa perusahaan kita ajak kerjasama tapi itu tidak cukup, semoga dengan aplikasi yang dirancang nanti mampu memberikan kemudahan untuk para pencari kerja,” harapnya.  


Ia mengakui, ada salah satu perusahaan jepang yang diajak kerjasama dengan pihaknya saat ini, PT Sahabat Jepang, perusahaan ini telah merekrut dan melatih banyak tenaga untuk dikirim ke luar negeri khususnya ke jepang secara bertahap. Terakhir perusahaan itu merekrut dan melatih sekitar 27 tenaga perawat yang akan dikirim ke negeri sakura.


Ia mengakui informasi tentang lowongan kerja sangat terbatas, kendati saat ini Dinas tersebut memiliki aplikasi yang memudahkan komunikasi antara pihak pemberi kerja dan dan calon tenaga kerja dengan melibatkan sejumlah perusahaan penyedia, akan tetapi hal itu masih belum lengkap. “Ini juga masih terbatas,” bebernya.


Kepala Badan Riset dan Inovasi daerah (BRIDA) Kota Bima, Adhi Aqwam, ST, M.Sc, M.Eng, menyatakan kesiapan Badan yang dipiminnya itu membantu menyediakan aplikasi tentang data dan informasi lowongan kerja. “Pada Prinsipnya Kita hanya membantu menyiapkan perangkat, untuk data dan informasi masih merupakan bagian kerja dari Dinas Tenaga Kerja,” ujar dia.


Dikatakannya, dalam aplikasi yang akan dibuat itu tidak saja menyiapkan informasi lowongan kerja, akan tetapi akan diupayakan data berapa jumlah pencari kerja dengan keahliannya di Kota Bima, dan berapa lapangan kerja yang tersedia. Hal ini akan memudahkan pimpinan daerah mengambil kebijakan terkait soal ini. “Kita akan mendorong hal ini agar bisa diakses melalui aplikasi yang sudah kita siapkan,” ujarnya. (SRT-01)