Walikota Bima Kukuhkan 100 Relawan Damkar | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Walikota Bima Kukuhkan 100 Relawan Damkar | SorotNTB

Sabtu, 03 Desember 2022

Wali Kota Bima kuhkukan Relawan Damkar

Kota Bima, SorotNTB.com
- Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE Sabtu, (03/12/2022), menghadiri acara pembinaan sekaligus mengukuhkan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) Kota Bima.


Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Bima Didi Fahdiansyah, ST, MT dalam laporannya menyampaikan, relawan yang dikukuhkan hari ini merupakan amanat undang-undang dan Permendagri Nomor 50 tahun 2021, demi mendekatkan dan memberikan perlindungan bagi masyarakat dalam urusan bencana kebakaran.


"Relawan pemadam kebakaran yang dikukuhkan pada tahap pertama ini sebanyak 100 orang dari 20 kelurahan rawan bencana kebakaran, dan kelurahan terjauh," katanya.


Didi pun melanjutkan, diklat teknis yang dilakukan hari ini selain bertugas mengawal dan berfungsi sebagai mitra damkar, juga bertugas mengolah data awal tentang bencana kebakaran, karena relawan inilah yang pertama berada dilokasi bencana sebelum petugas damkar tiba. Bebernya.


Sementara itu, Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE dalam arahannya mengatakan, beliau berharap kenapa sangat penting dibentuknya relawan, mengingat tugas damkar ini tidak saja pemerintah yang bergerak, tapi ada dukungan masyarakat, makanya pemerintah membuat regulasi, dan terbentuknya relawan hari ini sebanyak 100 orang pada tahap awal untuk bersinergi bersama pemerintah. Ujar H. M. Lutfi.


"Relawan ini saya inginkan tidak saja konsen pada urusan bencana kebakaran saja, tetapi harus pula adanya edukasi ditengah masyarakat, berikan pemahaman pada masyarakat agar tidak menebang pohon, berikan pemahaman agar mampu memilah sampah organik dan non organik, karena selain penyebab kebakaran dari arus pendek listrik, sebab lainnya dari sampah yang dibakar sembarangan," pintanya.


Wali Kota Bima berharap adanya sinergitas yang terbangun, dan mampu mengedukasi masyarakat agar memilah sampah plastik, sehingga mengurangi emisi suhu perubahan iklim. Harapnya.


"Pada kesempatan ini juga saya ingin sampaikan satu hal, bahwa tugas yang mulia itu adalah membantu manusia,". Tutupnya.


Pengukuhan Relawan Pemadam Kebakaran yang dihelat di Aula SMK Negeri 2 Kota Bima tersebut, Wali Kota Bima didampingi Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Bima Didi Fahdiansyah, ST, MT, dan turut dihadiri pula oleh anggota DPRD Kota Bima M. Irfan, S.Sos, M.Si, Dandim 1608 Bima diwakili Kasdim 1608 Bima, Polres Bima Kota diwakili Kasat Samapta AKP Sirajuddin, SH. (SRT-03)