Presiden Persiraja Dukung Penuh Lombok Football Club
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Presiden Persiraja Dukung Penuh Lombok Football Club

Senin, 13 September 2021

Pose bersama Presiden Persiraja Banda Aceh Nazarudin Dek Gam dengan Pengurus Inti Lombok Futbal Club (LFC)

Mataram, SorotNTB.com
-Klub Sepak Bola Liga 1 Indonesia, Persiraja Banda Aceh, memastikan untuk memberi dukungan penuh kepada Lombok Football Club (LFC), klub sepakbola profesional yang didirikan Anggota DPR RI dari Dapil NTB 2/P. Lombok, H. Bambang Kristiono, SE (HBK). Presiden Persiraja Banda Aceh Nazarudin Dek Gam, secara khusus menggelar pertemuan dengan pengurus inti LFC, Jum'at malam (10/09/2021).

 

Nazar sedang berada di Lombok dalam rangka kunjungan kerja spesifik dalam kapasitasnya sebagai Anggota Komisi III DPR RI. Hadir dalam pertemuan tersebut, para pengurus inti LFC, antara lain Komisaris LFC Ali Al Khairi, Manajer Tim LFC Nouvar Farinduan, dan Direktur Teknik LFC Anang Zulkarnain.

 

Pertemuan tersebut didasari keinginan kuat LFC yang sangat serius dalam membangun dan mengembangkan dunia sepakbola di NTB di tengah kondisi sepakbola Bumi Gora yang diketahui khalayak mengalami pasang surut.

 

"Ini adalah kesempatan emas bagi kami para pengurus LFC, dapat menimba ilmu dan sekaligus pengalaman, langsung dari Presiden salah satu Klub Liga 1 Indonesia,” kata Juru Bicara LFC Rannya Agustyra Kristiono, Sabtu (11/09/2021).

 

Liga 1 Indonesia sendiri adalah liga sepakbola kasta tertinggi di Indonesia tempat klub-klub sepakbola terbaik Indonesia berlaga. Dalam pertemuan tersebut, pengurus LFC meminta kiat-kiat yang dilakukan Nazaruddin ketika membangun Persiraja Banda Aceh.

 

Komisaris LFC Ali Al Khairi mengatakan, Chairman LFC HBK, ingin agar para pengurus LFC menimba pengalaman langsung perjuangan dari Persiraja. Mengingat klub kebanggaan Tanah Rencong tersebut sanggup mengarungi kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia dan memiliki pengalaman yang layak ditiru.

 

“Sepakbola sebagai olah raga yang dicintai rakyat diyakini dapat membawa nama P. Lombok semakin eksis di kancah nasional,” kata Ali.

 

Kepada para pengurus inti LFC, HBK memang acap berceritera dan membahas kisah sukses Persiraja di bawah kepemimpinan Nazar. Sehingga kesempatan pertemuan tersebut dimanfaatkan betul oleh para pengurus LFC untuk benar-benar memperdalam pengelolaan klub profesional sepakbola.

 

Pada kesempatan tersebut, Nazaruddin Dek Gam berkisah bahwa awalnya dirinya bukanlah pengurus klub Persiraja. Tahun 2017, usai dualisme di tubuh PSSI selesai dan sanksi FIFA dicabut, Tim kebanggaan Tanah Rencong ini harus ikut berkompetisi. Persiraja kemudian berusaha menjual sahamnya agar dapat ikut berkompetisi di Liga 2 Indonesia.

 

"Saat itu Persiraja tak dapat pembeli, saya sedang berada di Jepang, kemudian ada orang menghubungi saya dan meminta supaya Persiraja saya beli. Karena Persiraja harus segera mendaftar sebagai peserta kompetisi, akhirnya Persiraja saya beli. Karena ini berkaitan dengan nama Aceh juga, daerah kelahiran saya," katanya.

 

Di fase awal keterlibatannya di Persiraja, kata Nazar, ia begitu percaya kepada para pengurus senior di Tim. Namun, semua berjalan kurang profesional, karena para pengurus senior ini merasa dapat menentukan segala hal di dalam Tim. Bahkan terkadang sangat, sangat subjektif. Hasilnya, nyaris saja Persiraja Banda Aceh tergelincir ke Divisi 3 Liga Indonesia. 

 

"Akhirnya saya minta para pengurus untuk bersikap profesional. Saya turun tangan langsung dan dengan berat hati memutus hubungan dengan para pengurus lama," sambungnnya. 

 

Pengusaha muda Aceh ini menyebut, buah dari manajemen pengelolaan yang profesional telah membuat Persiraja Banda Aceh kian menanjak prestasinya. Manajerial klub dijalankan dengan serius dan ketat. Mulai dari urusan lapangan, gaji pemain, asupan makanan, jersey klub, sampai dengan operasional pertandingan, semuanya diawasi secara ketat.

 

Sampai di ujungnya, yaitu pada Liga 2 tahun 2018, Persiraja memperoleh posisi kedua di klasemen Grup wilayah Barat. Persiraja pun diperbolehkan melaju ke babak kedua yang menggabungkan empat Tim dengan poin tertinggi dari wilayah Barat dan wilayah Timur Liga 2. Saat itu Persiraja hanya mampu mendapatkan posisi ketiga di Grup B, kalah satu poin dari PSS Sleman dan Persita Tangerang, yang menggagalkan Persiraja masuk Liga 1 atau Divisi Utama.

 

"Saat itu saya mulai meminta pemain Aceh yang bermain di luar untuk pulang kampung, dan bergabung dengan Persiraja. Penampilan bagus di Liga 2 mulai menarik minat banyak pihak," bebernya.

 

Lebih lanjut, manajemen yang kian membaik dan keseriusannya dalam mengelola Tim membuat perjalanan Liga 2 musim 2019 semakin membuat Persiraja bersinar. Tim yang bermarkas di Stadion Harapan Bangsa berhasil menjadi juara tiga setelah di pertandingan perebutan tempat ketiga mengalahkan Sriwijaya FC 1-0. Persiraja pun berhak promosi ke Liga 1 di tahun 2020 yang lalu.

 

"Imbasnya juga pada pendapatan Tim. Keuntungan juga naik terus sejalan dengan prestasi yang berhasil ditorehkan Persiraja di Liga 2,” kata Nazar.

 

Pada 2018, Persiraja sempat membukukan keuntungan sebesar Rp 300 juta. Jumlahnya terus bertambah hingga pada 2020 lalu, Persiraja mencapai keuntungan Rp 8 miliar. Sponsor pun kini, kata Nazar, ikut berdatangan dan memberikan dukungannya kepada Tim.

 

Tips lain, Nazar membagi cerita bagaimana membentuk pemain yang kompak. Selain dikumpulkan dalam satu asrama, secara khusus para pemain juga disiapkan katering. Ini dilakukan untuk meningkatkan asupan makanan bergizi.

 

"Jangan diberi uang. Nanti makanannya kurang bergizi. Uang makan malah dipakai beli mie instan atau pulsa HP saja," selorohnya.

 

Cerita Presiden Persiraja ini disambut antusias pengurus inti Tim LFC. Direktur Teknik LFC Anang Zulkarnain menyebut, saat ini para pemain LFC sudah berlatih. Dalam waktu dekat seluruh pemain juga akan dikumpulkan dalam satu asrama.

 

"Saya sepakat dengan Bang Nazar, soal tim work, pola makan, dan asupan gizi. Karena itu, para pemain LFC harus disatukan dalam satu asrama," katanya.

 

Anang menambahkan, secara potensi, bibit-bibit pemain sepakbola di P. Lombok dan P. Sumbawa itu cukup banyak. Seperti saat ini ada Ady Setiawan pemain Persebaya Surabaya. Sebelumnya ada pula Saddam Husein yang bermain di beberapa klub.

 

"Kami senang sekali dapat menimba ilmu dari Persiraja. Tentu nanti akan berlanjut dengan klub-klub yang lain," tambah legenda sepakbola NTB ini.

 

Sekadar diketahui, Persiraja Banda Aceh didirikan pada 28 Juli 1957 dan telah malang melintang mengikuti berbagai kompetisi sepak bola di tanah air. Prestasi terbaik yang dicapai Persiraja yakni tampil sebagai juara Perserikatan pada tahun 1980. Di babak final yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta itu, Persiraja sukses mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor 3-1. Kala itu, 2 gol Persiraja berhasil disarangkan oleh Bustamam dan 1 gol lainnya dicetak oleh Rustam Syafari.

 

Persiraja terkenal dengan permainan taktis dan kerasnya, terutama saat bermain di kandangnya yang terkenal angker bagi tim-tim lawan yang bermain di Kota Banda Aceh.

Salah satu yang membuat Persiraja sulit dikalahkan di kandangnya sendiri adalah dukungan luar biasa yang ditunjukkan oleh para penonton dan suporter mereka yang dikenal dengan SKULL (Suporter Kutaraja Untuk Lantak Laju).

 

Tim berjuluk Laskar Rencong dengan motto Lantak Laju (Hajar Terus) ini telah membuat persebakbolaan di Banda Aceh menjadi hidup. Penggemar sepakbola Aceh juga terus bertambah. Imbasnya permintaan akan merchandise seperti jersey, cangkir, slayer, dan atribut lainnya semakin tinggi. Tanah Rencong memiliki potensi besar karena tersedia bakat-bakat pemain muda dan suporter sepak bola yang aktif dan militan.

 

Pemain Persiraja pun kini diminati oleh banyak klub. Yang terbaru, ada yang dikontrak Persis Solo, klub sepakbola milik Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo.

 

*Eksekusi Rencana Kegiatan LFC*

Rannya, Jubir LFC kembali menambahkan, HBK telah menginstruksikan pengurus inti LFC agar belajar banyak dan menimba ilmu yang seluas-luasnya dari kisah sukses klub-klub sepakbola di tanah air. Sejumlah rencana yang telah disiapkan Klub kini sudah siap dieksekusi. LFC kata Rannya, akan segera mencari dan membangun asrama. Termasuk menerapkan pemberian makanan bergizi kepada pemain dengan pengelolaan langsung Klub.

 

“Dengan ini, kekompakan Tim dan asupan gizi pemain bisa terkontrol dengan baik," kata Rannya.

 

Mahasiswi Brunel University, London, Inggris ini mengaku senang dengan bimbingan dari Presiden Persiraja dalam manajemen pengelolaan klub sepakbola yang mumpuni. Diakuinya, ketika klub sepakbola sudah masuk di Liga 1 Indonesia, menunjukkan bahwa secara kualitas klub tersebut telah teruji.

 

"Dari materi pemain, manajemen pengelolaan, sisi pendanaan, dan banyak lagi yang dapat kita timba," katanya. 

 

Dara yang hobi berorganisasi ini menyebutkan, sesuai arahan dari pak HBK, LFC harus sanggup menjadi contoh klub sepakbola yang mumpuni. Tidak hanya dalam pencarian bibit-bibit pemain. Urusan kontrak pemain, sesi latihan, asupan gizi, dan dukungan kelengkapan lain juga harus ditunjang dengan baik. 

 

Ketika manajemen pengelolaan telah berjalan dengan baik, maka secara otomatis nama klub pun akan semakin harum.

 

"Dampaknya tentu saja nanti para sponsor akan berdatangan, tertarik untuk terlibat memberikan dukungan," sambungnya.

 

Ditambahkan Rannya, Ia mengibaratkan Persiraja Banda Aceh itu sebagai kakak angkat klub LFC, penting dipelajari klub yang sudah merasakan Liga 2 dan berlanjut ke Liga 1 bisa berbagi cerita sukses dan sharing pengalaman dengan LFC.

 

Tak sekadar urusan manajemen, Rannya berharap jaringan Persiraja ikut menular ke Lombok FC.

 

"Saya gembira dengan penerimaan dan masukan dari Presiden Persiraja," tandasnya. 

 

Rannya yang dikenal sebagai penggemar Manchester City, berbeda dengan ayahnya yang fans berat Chelsea FC ini yakin, ketika LFC mampu menjalankan segala saran dan masukan dari Persiraja, maka pelan-pelan LFC ini akan berkembang menjadi klub yang besar. Ia pun saat ini tengah mengarahkan agar LFC mampu membangun komunikasi dengan sejumlah apparel tanah air untuk membuat jersey bagi para penggemar. 

 

"Ya, sesuai dengan arahan pak HBK, manajemen LFC juga diminta supaya segera membuat Cafe dan Merchendise klub, tempat para fans klub berkumpul," tutupnya. (RED)