Serius Tangani Covid-19, Bupati Bima Hadirkan PCR di RSUD Bima
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Serius Tangani Covid-19, Bupati Bima Hadirkan PCR di RSUD Bima

Senin, 26 Juli 2021

Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, SE

Bima, SorotNTB.com
-Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE sangat serius dalam menangani dan mengendalikan penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten bima, Keseriusan Pemkab Bima dalam menanganani Covid -19 ini terbukti dengan hadirnya alat PCR untuk Covid -19 di RSUD Bima yang mulai efektif melayani pemeriksaan dan pengerjaan RT- PCT SARS –CoV-2 pada Laboratorium Biomolekular RSUD Bima yaitu pada hari senin 19 juli 2021 yang lalu setelah mengantungi izin dari Litbangkes di Jakarta.

Bupati menjelaskan bahwa Alat PCR ini hadir melalui proses dari tahun lalu dengan mengajukan proposal ke pemerintah pusat dan tahun ini terealisasi oleh BNPB namun untuk alat pendukungnya diadakan sendiri oleh pemerintah daerah melalui RSUD. Pengajuan Proposal alat PCR ini ditujukan untuk mempercepat proses lab hasil sampel swab pasien diduga terpapar covid sehingga dapat cepat diketahui hasilnya.

“Alhamdulillah, dengan hadirnya alat pcr ini akan mempercepat kinerja layanan untuk covid 19, mengingat selama ini kita harus mengirim ke sumbawa dan mataram untuk pcr swab “ kata Bupati.

Dengan hadirnya Alat PCR ini, RSUD Bima dapat memeriksa sampel sebanyak 90 sampel dalam sehari dan akan melayani periksaan sampel untuk pulau sumbawa terutama sampel dari Kabupaten Bima, RS Dompu dan Kota Bima termasuk RS Swasta.

Untuk Jadwal Pengambilan sampel swab dan pengerjaan RT-PCR dilaksanakan setiap hari kerja kecuali minggu dan libur nasional serta akan ditangani oleh tenaga terlatih dan profesional  dengan penanggung jawab ahli seorang dokter spesialis yaitu dr. Rahma Indah Pratiwi, Sp.PK.

Sementara itu, direktur RSUD drg. H.Ihsan  menyambut gembira dengan terbitnya izin dari Litbangkes untuk RSUD Bima karena waktu kerja pemeriksaan sampel swab menjadi lebih singkat yaitu cukup 4-5 jam sudah diketahui hasilnya.

“ Sebelumnya kita harus kirim ke Lab Geopark sumbawa dan membutuhkan beberapa hari untuk ketahui hasil swab , dengan hadirnya alat ini kerja RSUD dalam menangani Covid 19 akan semakin cepat“ Kata ihsan. (SRT-03)