Kelompok Lawoto Santi Manfaatkan Aliran Sungai Untuk Budidaya Ikan Lele
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Kelompok Lawoto Santi Manfaatkan Aliran Sungai Untuk Budidaya Ikan Lele

Minggu, 17 Januari 2021

Ketua RT dan Warga Saat menyediakan Kramba Bubidaya Lele

Kota Bima, SorotNTB.com
- Karang Taruna Kawinda Kelurahan Santi membentuk Kelompok Lawoto untuk membudidayakan ikan lele di aliran sungai RT 03 Lingkungan Santi 1 Barat Kelurahan Santi. Ini merupakan bentuk nyata pemberdayaan pemuda melalui Dana Kelurahan (Dankel).


Ketua Kelompok Lawoto Johari menyampaikan, budidaya ikan lele tersebut terinspirasi dari usaha budidaya ikan lele dan ikan nila yang dilakoni oleh Kelompok Lampa Sama pemuda di Lingkungan Santi 1 Timur. Sehingga terbentuklah kelompok Lawoto di Lingkungan Santi 1 Barat. 


"Terinspirasi dari pemuda Santi lain, membuat kita termotifasi untuk membudidayakan Iklan lele dengan memanfaatkan aliran sungai setempat," ucapnya.


Lanjut dia, Bibit lele tersebut dibeli dari anggaran dana kelurahan tahun 2020 lewat program pemberdayaan pemuda. sebagian bibit tersebut sudah mulai dimasukan dalam Keramba pada sabtu kemarin. 


"Kelompok Lawoto ini dibawa pembinaan Karang Taruna Kawinda Kelurahan Santi," Ujarnya, Minggu (17/01/2021). 


Kelompok Lawoto tersebut Kata Jhon, merupakan gabungan pemuda dari pemuda Lingkungan Santi 1 dan 2 Barat. Sebelum bibit lele datang, para pemuda terlebih dahulu membuat keramba dengan menggunakan anggaran swadaya kelompok. 


Untuk pembuatan keramba tambahan, untuk memisahkan ikan lele saat besar nanti, sesuai dengan hasil koordinasi dengan Ketua Karang Taruna, keramba tambahan tersebut rencananya akan menggunakan anggaran Karang Taruna tahun 2021.


"Semoga usaha pemuda ini lancar dan menjadi usaha yang maju, sehingga pemuda Santi bisa berkembang dan mandiri," harapnya. (SRT-01)