Ringankan Beban Masyarakat Tidak Mampu, Bagian Kesra Akan Gelar Operasi Ketarak Gratis
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Ringankan Beban Masyarakat Tidak Mampu, Bagian Kesra Akan Gelar Operasi Ketarak Gratis

Selasa, 26 November 2019

Kota Bima, SorotNTB.com- Pemerintah Kota Bima melalui Bagian Kesra Setda Kota Bima, Rabu (27/11/2019) akan menggelar kegiatan operasi ketarak, rencananya akan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Kota Bima.

Kabag Kesra Setda Kota Bima, H. Ahmad, S. Ag menjelaskan bahwa Katarak merupakan penyakit mata yang ditandai dengan
mengeruhnya lensa mata, sehingga membuat penglihatan kabur.

Kekeruhan ini terjadi akibat gangguan meta bolisme normal lensa yang dapat timbul pada berbagai usia tertentu. Katarak dapat terjadi pada saat perkembangan serat lensa masih berlangsung atau sesudah
serat lensa berhenti dalam perkembangannya dan telah memulai proses degenerasi.

Biasanya mengenai kedua mata dan berjalan progresif. Katarak mengakibatkan pengurangan visus oleh suatu tabir atau layar yang diturunkan di dalam mata, seperti melihat air terjun.

Lebih jauh kabag Kesra menjelaskan, Penderita tidak bisa melihat dengan jelas karena dengan lensa yang keruh cahaya sulit mencapai retina dan akan menghasilkan bayangan
yang kabur pada retina. Jumlah dan bentuk kekeruhan pada setiap lensa mata dapat bervariasi.

Kegiatan Pelaksanaan Bakti Sosial Operasi katarak Gratis Kota Bima Tahun 2019 adalah Kegiatan Pelaksanaan Bakti Sosial Operasi katarak Gratis Kota Bima, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Bima Tahun 2019.

Lanjut kata H. Ahmad, adapun tujuan pelaksanaan kegiatan operasi ketarak ini, Meringankan beban penderita katarak di Kota Bima terutama masyarakat tidak mampu.

Menurunkkan Prosentase jumlah penderita katarak di Kota Bima. Memberikan kegiatan yang bisa langsung menyentuh lapisan
masyarakat melalui peaksanaan bakhti sosial operasi katarak gratis.

Sasaran Masyarakat penderita katarak tidak mampu dan dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu yang di keluarkan oleh kelurahan.

Kegiatan Pelaksanaan Bakti Sosial Operasi katarak Gratis Kota Bima Tahun 2019 berjumlah 160 lebih orang.

Tim tekhnis kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis terdiri dari tiga dokter spesialis mata
yang terdiri dari, dr. Hamdoni, dr. Sriana Wulansari, SpM, dr.Adriyana Silvana Benny, SpM  dr. Seravina Adila Izzati, SpM.

Berharap, semoga kegiatan operasi ketarak besok dapat berjalan lancar, sukses. dan yang terpenting dapat dirasakan betul nilai manfaat oleh masyarakat miskin.  (SR-01)