Kemenag Kota Bima Gelar Bimbingan Manasik Haji Bagi JCH | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Kemenag Kota Bima Gelar Bimbingan Manasik Haji Bagi JCH | SorotNTB

Rabu, 17 April 2024

Plt. Kepala Kementerian H. Mansyur saat Memberikan Bimbingan Manasik Haji pagi Para Jamaah Calon Haji

Kota Bima, SorotNTB.com
- Kepada media Plt Kemenag Kota Bima, H.Mansyur menjelaskan bahwa untuk tahun ini Jamaah Calon Haji Kota Bima yang siap di berangkatkan sebanyak 281 orang, Insha Allah untuk kloter pertama  sesuai jadwal akan di berangkatkan pada 17 dan 18 Mei 2024 dengan embarkasi Lombok.


Manasik haji bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada jemaah haji tentang tata cara haji yang sesuai dengan syariat Islam. Manasik biasanya dilaksanakan secara bertahap, mulai dari bimbingan teori hingga praktik lapangan.


Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang harus dilaksanakan dengan baik. Setiap calon jemaah haji harus mempersiapkan diri dengan matang, salah satunya dengan mengikuti manasik haji sebelum berangkat ke Tanah Suci.


"Ibadah Haji tidak boleh di lakukan asal asalan, semua harus siap dan paham dengan seluruh rangkaian kegiatan ibadah Haji". Ujarnya,Rabu 17/04.


Hari ini bimbingan manasik nya kita gelar di dua tempat yaitu di aula SMKN 3 untuk jamaah asal KUA kecamatan Asakota Rasanae Barat dan Raba sementara di aula SMAN 4 Kota Bima di ikuti jamaah asal KUA kecamatan Mpunda dan Rasanae Timur.


Bimbingan Manasik Haji ini meliputi berbagai hal mulai dari tata cara pelakasanaan ihram wukuf di arafah kemudian Mabit di muzdalifah dan Mina, lempar jumrah, tawaf ifadhah hingga sa'i(berlari lari kecil dari shafa ke marwa).urainya


"Kami berharap dari kegiatan manasik Haji yang telah di ikuti para Jamaah Calon Haji Kota Bima,  pada pelaksanaan ibadah Haji nya benar benar mengerti dan memahami tata cara Haji sesuai syariat yang telah di tentukan," pungkasnya. (SRT-01)