BRIDA Kota Bima Akan Gelar Diskusi Budaya | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

BRIDA Kota Bima Akan Gelar Diskusi Budaya | SorotNTB

Selasa, 05 September 2023

Rakor Persiapan Agenda Diskusi Budaya Yang Akan di Gelar Bulan September 

Kota Bima, SorotNTB.com
- Badan Riset dan Inovasi daerah (BRIDA) Kota Bima akan menggelar diskusi Budaya yang mengangkat tema Maja Labo Dahu, moto Maja Labo Dahu adalah fassafah hidup orang Bima yang masih dipegang teguh hingga saat ini, namun untuk memahami konsep tersebut secara mendalam perlu adanya diskusi. Demikian yang diungkapkan oleh Kepala BRIDA Kota Bima, Adhi Aqwam, ST, M.Eng, M.Sc, melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Pemanfaatan Riset BRIDA Kota Bima, Fahrul Annas, SE di kantor BRIDA Kota Bima saat menyiapkan konsep digelarnya acara tersebut, Selasa (5/92023).


Fahrul menyatakan, pihaknya berencana akan menggelar acara tersebut di Ruang Pertemuan Perpustaakn dan Kearsipan Daerah  dengan mengundang 100 peserta dari berbagai disiplin ilmu, sedangkan untuk pembicara telah ditentukan beberapa nama, praktisi pemerhati budaya yang dianggap berjasa dalam pengembangan budaya di Kota Bima. “Baik tempat maupun pembicara masih Kita bahas, akan tetapi pilihan pertama Kita akan laksanakan acara ini di gedung Perpustakaan Daerah,” jelasnya.


Diskusi Budaya menjadi bagian penting Bidang Riset dalam Upaya menggali lebih dalam konsep Maja Labo dahu yang menjadi bagian hidup Masyarakat Bima, bahkan Walikota Bima H Muhammad Lutfi, SE di setiap kesempatan kerap mengungkapkan moto tersebut sebagai kebanggaan Masyarakat Bima, budaya Maja Labo Dahu bahkan akan diajarkan dalam setiap tingkat Pendidikan masuk sebagai Pendidikan karakter local sebagai ciri khas budaya yang diadopsi ke dalam Pendidikan formal.


Menurut Fahrul, pengembangan Budaya khas Bima bukan saja soal Maja Labo dahu, akan tetapi masih banyak konsep budaya yang sebenarnya menjadi ciri khas keadatan dalam kehidupan seharian Masyarakat, namun untuk memulai membahas berbagai konsep budaya tersebut akan dimulai dengan diskusi tentang konsep Maja Labo Dahu. “Dari Diskusi nanti diharapkan Kita mendapatkan pemahaman yang menyeluruh tentang konsep budaya ini, sehingga tidak ragu Kita terapkan dalam kehidupan maupun mengadopsinya dalam Pendidikan secara formal,” jelasnya.


Rencananya acara tersebut akan digelar Kamis 14 September 2023, pembicara atau narasumber direncanakan ada tiga orang, mereka akan membahas konsep Maja Labo dahu dari berbagai sudurt pandang. “Kita berharap Diskusi ini akan membuka ruang bagi Kita semua memahami tentang budaya yang menjadi konsep bermasyarakat maupun berhubungan sosial antara Masyarakat Kita,” ujarnya. (SRT-03)