Kepala Brida : Inovasi Kawangi Kopi TB Siap Dipresentasikan | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Kepala Brida : Inovasi Kawangi Kopi TB Siap Dipresentasikan | SorotNTB

Kamis, 13 Juli 2023

Kepala Brida bersama dikes

Kota Bima, SorotNTB
- Inovasi Kawangi Kopi TB salah satu inovasi dari Dinas Kesehatan Kota Bima yang berhasil masuk top 99 Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) Kementerian PAN RB tahun 2023. Inonasi ini sedang disiapkan untuk dipresentasikan oleh Walikota Bima H Muhammad Lutfi, SE, kepada tim penilai dari Kemenpan RB untuk meraih Top 45 Sinovik tahun 2023.


Sekretaris Dikes, Syarifudin, S.Sos, M.Ph, bersama Innovator Kawangi Kopi TB, Dzulkaidah, Kepala BRIDA Kota Bima, Adhi Aqwam, ST, M.Eng, M.Sc, dan pendamping Sinovik, Asyradin, S.ST, M.Si, dan sejumlah tim Dikes Kota Bima, Senin (10/7/2023) membahas persiapan tersebut di kantor BRIDA Kota Bima.


Kepala BRIDA, Adhi Aqwam, ST, M.Eng, M.Sc, menjelaskan, Kawangi Kopi TB adalah inovasi karya Dikes Kota Bima, sejak tahun 2019, inovasi ini mampu mendeteksi penyakit tuberculosis secara cepat dan akurat sehingga dapat ditangani cepat.  Menurut dia, Inovasi ini mampu meningkatkan pendeteksian penyakit, dalam waktu tiga tahun temuan penyakit TB naik menjadi 52,69 persen pada tahun 2022, dari total temuan 31,98 persen pada tahun 2019.


Demikian juga pengobatan TB di Kota Bima mengalami peningkatan, pada tahun 2019 pengobatan TB yang mampu dilakukan pemerintah sebesar 81,37 persen dari total penderita yang terdeteksi, naik menjadi 96,36 persen dari total penderita pada tahun 2022.


Adhi mengatakan, pihaknya mengundang innovator dan tim Dikes untuk menyiapkan Langkah selanjutnya agar inovasi tersebut mampu tembus hingga 45 besar atau Top 45 Sinovik tahun 2023. “Kita lakukan persiapan yang perlu agar inovasi ini bisa naik peringkat setelah dipresentasikan oleh Walikota,” ujarnya.


Dikatakannya, kunci keberhasilan inovasi tersebut tidak lepas dari Kerjasama yang kuat antara pemerintah dalam hal ini Dikes Kota Bima, dengan berbagai organisasi Bidang Kesehatan yang berada di Kota Bima. pada tahun sebelumnya Kota Bima juga masuk dalam top 99 dalam lomba Sinovik tahun 2022 dari Kemenpan RB, namun inovasi dari Dikes Kota Bima itu hanya bertahan pada Top 99 saja. “Semoga Tahun ini Kita tembus hingga top 45 Nasional,” harapnya. (SRT-04)