BRIDA Kota Bima akan Menggelar Diseminasi Riset | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

BRIDA Kota Bima akan Menggelar Diseminasi Riset | SorotNTB

Selasa, 25 Juli 2023

Rakor Persiapan Desiminasi Riset oleh Brida Kota Bima

Kota Bima, SorotNTB
- Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Bima akan menggelar Diseminasi Riset yang akan dihadiri Direktur Bidang Diseminasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Rencanannya kegiatan tersebut akan diselenggarakan Kamis (27/7/2023) di Kampus Universitas Muhammadiyah Bima.


Kerjasama BRIDA dengan sejumlah Perguruan Tinggi (PT) di Kota Bima, hal ini dibuktikan dengan dukungan sejumlah PT tersebut dalam berbagai bidang penelitian yang dilakukan bersama BRIDA maupun kegiatan lain bidang teklnologi dan inovasi. “Kita tetap bekerja sama dengan Perguruan Tinggi untuk kegiatan yang menyangkut peneilitan dan inovasi, untuk diseminasi riset yang akan Kita gelar nanti telah ada kasanggupan lima kampus untuk memberikan presentasi,” papar Kepala Bidang Pengembangan dan Pemanfaatan Riset BRIDA Kota Bima, Fahrul Annas, SE.


Ia menjelaskan, Diseminasi Riset boleh dibilang pertama dilakukan oleh BRIDA sejak Badan tersebut dibentuk awal 2023 lalu di Kota Bima, koordinasi antara BRIN dengan BRIDA Kota Bima juga diakuinya sangat baik, respon maupun dukungan dari Badan Pusat Riset Nasional tersebut menjadi pendorong pihaknya untuk melakukan terobosan di daerah. “Alhamdulillah Kita selalu mendapat tanggapan baik setiap kegiatan yang dilakukan, Kita berharap dukungan itu terus Kita dapatkan untuk mengembangkan berbagai potensi di daerah,” katanya.


Ia mengakui kesiapan Direktur Bidang Diseminasi Riset BRIN, Dr. Utami, telah menyatakan kesiapan untuk hadir dalam acara tersebut untuk memberikan presentasi, kemudian salah satu Kampus di Kota Bima juga akan memberikan presentasi dalam acara tersebut, sedangkan di BRIDA Kota Bima akan mempresentasikan dua item, yakni Bata tanpa Bakar dan juga soal Fenomena alam teluk Bima berkaitan dengan munculnya Sea Snot satu tahun lalu.   


Sedangkan untuk peserta, BRIDA telah mengundang seluruh Organisasi Perangkat Dinas (OPD) di Kota Bima, mahasisiwa, praktisi dan sejumlah elemen lain untuk mendukung acara tersebut.


Dijelaskannya, pada hari berikutnya, atau tepatnya hari Jumat (28/7/2023) tim akan melakukan kunjungan lapangan berkaitan pengembangan alam wisata Kolo dan pengembangan tanaman Sorgum yang dilakukan oleh Ir. Irwan salah satu anggota tim PPID BRIDA Kota Bima. “Kita berharap acara ini berjalan sesuai rencana, dan mampu memberikan sumbangsihnya terhadap daerah maupun masyarakat di Kota Bima,” ujarnya. (SRT-02)