Pekerja Migran Asal Bima Capai 1191 | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Pekerja Migran Asal Bima Capai 1191 | SorotNTB

Rabu, 26 Oktober 2022

Kabid Bina Penta Disnakertrans Rufaidah 

Kota Bima, SorotNTB.com
- Terhitung hingga bulan yang telah teregister di Lembaga Terpadu Satu Atap (LTSA) Disnakertrans Kabupaten Bima, sudah mencapai angka 1191 pekerja Migran.


Begitu penjelasan Kabid  Bina Penta Rufaidah, Rabu (26/10) siang pada sejumlah wartawan.


Registrasi yang dimaksud Kabid pendataan identitas diri para calon tenaga migran Indonesia asal Bima yang diajukan perusahaan jasa tenaga kerja.


"Tugas kami mendata diri secara formal bagi setiap calon tenaga migran oleh jasa tenaga kerja Indonesia yang diakui legalitasnya," jelas Rufaidah.


Dimana saja negara tujuan calon tenaga migran asal Bima ini ? Kabid Bina Penta menjelaskan mulai dari Hongkong, Malaysia, Brunai Darussalam, Polandia, Saudi Arabia, Singapura, Taiwan hingga United King Dom.


Jenis pekerjaan para calon tenaga migran ini sebut Kabid, sebagai Asisten Rumah Tangga, para tenaga migran ini spesifikasinya mulai dari petik buah, pekerja pabrik perawat, restoran dan hotel.


Tentu sebelum diberangkatkan, para calon tenaga migran yang telah diregistrasi, terlebih dahulu ditampung dan dilatih oleh masing-masing perusahaan jasa tenaga kerja yang merekrutnya.


Setelah itu para calon migran, kata Kabid yang didampingi fungsional  Arif Rahman, jika memenuhi syarat akan mendapatkan sertifikasi untuk syarat menjadi tenaga migran yang siap diberangkatkan menjadi tenaga migran profesional dan handal. (SRT-01)