Bupati Bima Minta Kades Optimalkan Pengelolaan Dana Desa | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Bupati Bima Minta Kades Optimalkan Pengelolaan Dana Desa | SorotNTB

Selasa, 30 Agustus 2022

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE

Bima, SorotNTB.com
- Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN), PPPK dan Tenaga Penunjang Utama (TPU) dan Para Kepala Desa Se Kecamatan Wawo yang dirangkaikan Pelepasan Purna Tugas Kepala SMPN 4 Wawo berlangsung Selasa(30/8) dimanfaatkan Bupati Bima Hj.  Indah Dhamayanti Putri, SE untuk memberikan secara khusus arahan kepada para 9 orang Kades yang menghadiri acara pembinaan di Lapangan Desa Riamau tersebut.


Bupati Bima didampingi tiga orang Staf Ahli, Asisten III Drs.H. Arifudin, Inspektur Kabupaten Bima H.Abdul Wahab Usman,  SH, M.Si,  Kepala BKD dan Diklat Drs. Agus Salim M.Si, Kadis Dikbupora Zunaidin S.Sos MM, Kadis Perkim M.Taufik ST, MT, Kabid Pemdes DPMD dan Muspika Kecamatan Wawo.


Bupati Bima dalam arahannya kembali menekankan pentingnya manajemen pengelolaan dana desa. "Jangan anggap sepele pengelolaan dana desa karena hal ini perlu kapasitas dan keterampilan, juga memastikan semua aparatur desa bekerja sesuai regulasi dan bekerja sebagai sebuah tim". Terang Bupati. 


Kepala desa Raba, Pesa, Kambilo dan Ntori yang baru dilantik  perlu belajar banyak dari sejumlah kasus yang terjadi dalam pengelolaan Alokasi dana desa (ADD). Agar pengelolaan dana desa optimal,  diperlukan kemauan keras dan kejujuran dalam pengelolaan. Disamping itu, dalam hal pengawasan mengingat fungsi pengawasan belum optimal dam masih adanya kekeliruan dalam perencanaan, pelaksanaan  dan pertanggungjawaban, KPK akan memeriksa secara acak pengelolaan ADD". Jelas Bupati. 


Dikatakan Bupati, harus ada upaya memperbaiki kekurangan  dalam pengelolaan dana desa, melakukan koordinasi sebaik-baiknya dengan para Camat. Juga perlu keterbukaan informasi kepada publik  pada pada setiap kesempatan di desa dan ini penting memberikan pemahaman terkait transparansi pengelolaan dana desa. (SRT-01)