Kawasan Perkotaan Baru Tambora Terus Dikembangkan | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Kawasan Perkotaan Baru Tambora Terus Dikembangkan | SorotNTB

Senin, 25 Juli 2022

Kawasan Perkotaan Baru (KPB) Tambora

Bima, SorotNTB.com
- Pemerintah kabupaten Bima terus berkomitmen untuk melakukan percepatan pengembangan Kawasan Perkotaan Baru (KPB) Tambora dan upaya tersebut sudah dibahas dalam Rapat Koordinasi Pembahasan Major Project Pengembangan KPB Tambora tangga 24 Juni 2022 lalu di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Bima.


Rakor yang diikuti tujuh kepala OPD yaitu  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pariwisata  Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Peternakan dan Keswan, Dinas Perhubungan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup Camat Tambora dan Para Kepala bidang terkait Bappeda dan Dinas PUPR Kabupaten Bima tersebut membahas sejumlah langkah bagi upaya terintegrasi pembangunan  Kecamatan Tambora dengan luas wilayah 672,82 km ²  dan terbagi dalam 7 desa dan 6 satuan pemukiman (SP) transmigrasi tersebut.

 

Kawasan perkotaan baru (KPB) Tambora yang dibentuk sejak tahun 2008 bertujuan sebagai pusat pertumbuhan akan memudahkan masyarakat transmigrasi untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar maupun peluang lapangan kerja. KPB tercatat dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW) kabupaten Bima 2011 - 2031 yang ditetapkan sebagai kawasan strategis Kabupaten yang memiliki keunggulan sektor pertanian peternakan dan perkebunan.


Rencana pengembangan  KPB  tersebut mencakup 9 aspek yaitu  Pembangunan infrastruktur pemerintahan dimana kantor KPB Tambora dialih fungsikan menjadi Kantor Camat Tambora,  juga  pembangunan infrastruktur pendukung operasional pemerintahan dimana  Disnakertrans membangun kantor unit pelaksana teknis dinas (UPTD) sebagai langkah awal dan  pengembangan akses transportasi, pemeliharaan jalan dan penanaman pohon kurma pada median jalan. 


Pengembangan akses transportasi melalui pembangunan Terminal dan alih fungsi mobil transportasi desa Kementerian Perhubungan untuk melayani rute KTM -  Sanggar, pengembangan pusat ekonomi, pembangunan pasar dan pelabuhan difungsikan kembali. Pengembangan pusat pariwisata dengan pembuatan kebun buah naga Argo agrowisata dan pojok selfie dan pembangunan sarana penunjang event melalui pembangunan sirkuit pacuan kuda dan sirkuit motor cross.


Pengembangan sarana penunjang lain seperti pembangunan umum sebagai sumber air bersih dan fasilitas penunjang pembangkit listrik tenaga mikrohidro dan aspek terakhir adalah seluruh perangkat daerah menganggarkan pembangunan kantor perwakilan di Tambora dengan desain yang sudah ditentukan. (SRT-03)