Bupati dan Wabup Kembali Kunjungi Korban Kebakaran Desa Renda | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Bupati dan Wabup Kembali Kunjungi Korban Kebakaran Desa Renda | SorotNTB

Senin, 02 Mei 2022

Bupati dan Wakil Bupati Bima kembali Kunjungi Korban Kebakaran di Desa Renda

Bima, SorotNTB.com
- Sehari setelah musibah kebakaran yang melanda Desa Renda Kecamatan Belo, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE bersama Wakil Bupati Drs.H.Dahlan M.Noer dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait Minggu (1/5) mengunjungi para korban yang dipusatkan di lokasi kebakaran RT 07 desa setempat. Selain berinteraksi langsung dengan para korban,  Bupati menyempatkan diri menyerahkan bantuan pribadi bagi 61 warga terdampak kebakaran. 


Dihadapan Camat Belo Rizal Muhlis SE, MM, Muspika, Kepala Desa Renda dan 61 Kepala Keluarga terdampak bencana kebakaran, Bupati dalam arahannya mengatakan bahwa kehadirannya ditengah keluarga yang sedang mengalami musibah  salah satunya untuk  memastikan bahwa penanganan kebakaran berjalan sebagaimana mestinya.


Disamping untuk memastikan jumlah  korban secara ril  untuk ditindaklanjuti  laporan kepada pemerintah sebagai syarat  pengusulan bantuan. Tanggal 9 Mei 2022, data sudah harus diterima dan diproses". Kata Bupati. 


Pada kesempatan tersebut,  Bupati mengajak warga agar senantiasa "Kalembo Ade" (bersabar) atas musibah yang terjadi dan menyelesaikan persoalan yang ada secara bijak. Pemerintah daerah  sangat berduka atas musibah dan kehilangan harga benda keluarga di Desa Renda, Semoga tetap diberikan kesabaran dan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT". Imbuhnya. 


Terkait  proses penggalangan dan penyaluran bantuan, Bupati Bima secara khusus mengingatkan Camat Belo, Kepala Desa Renda  dan Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana  memastikan pengoperasian Posko Penerimaan dan penyaluran bantuan mencatat dan melakukan pendataan secara seksama dan tidak boleh ada yang berkurang karena ini merupakan amanah ". Tegas Bupati yang didampingi pula oleh Kepala Pelaksana BPBD,  Kadis Sosial,  Kepala Dinas Damkar dan beberapa Kepala OPD Terkait.


Untuk memulihkan kondisi pelayanan publik pasca bencana,  Bupati IDP juga telah menginstruksikan Kepala Dinas Sosial mengaktifkan Dapur.  Juga perekaman perekaman kembali dokumen kependudukan untuk penerbitan Kartu Keluarga,  KTP dan dokumen lainnya bagi warga.


Berdasarkan laporan Posko Bencana BPBD, dari 61 KK terdapat 126 anggota keluarga dan 187 jiwa yang terkena musibah. 


Dari 61 KK tersebut, sebanyak 49 rumah warga mengalami rusak berat (hangus), 4 rumah mengalami rusak sedang dan 8 rusak ringan. Rumah yang rusak berat hangus rata dengan tanah, sedangkan yang kerusakan sedang itu karena atapnya dibongkar atau ada dinding rumah yang dibongkar dan dibuka, sedangkan rusak ringan hanya mengenai dinding atau atap saja. (SRT-01)