Tanam Rumput Laut Sangat Menjanjikan | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Tanam Rumput Laut Sangat Menjanjikan | SorotNTB

Selasa, 19 April 2022

Kadiskanlut Kabupaten Bima Rendra Farid

Bima, SorotNTB.com
- Petani Laut Bima tidak sia-sia dalam memelihara rumput laut. Harga komoditas rumput laut dimaksud berhasil menembus Rp.30.000 per kilogram selama dua tahun terakhir.


Tingginya harga rumput laut ini sejak tahun 2021 yang lalu. Bahkan jika dibandingkan dengan harga sebelumnya jauh dibandikan sekarang.


Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Ir.Rendra Farid, Bahwa, "Sebelumnya harga rumput laut selama ini hanya kisaran Rp. 11.000 sampai 12.000 per kilogram,". Ucapnya Selasa (19/04/22)


Kata Dia, Sebenarnya jika dibandingkan dengan tanaman lain tidak terlalu sulit bahkan tidak terlalu memakan biaya yang banyak. Intinya tanam rumput laut untuk petani menjanjikan dengan harga maksimal.


"Komoditas rumput laut ini dengan biaya Rp. 5.000.000 sudah bisa, apa lagi tidak ada biaya perawatan seperti obat-obatan, intinya sangat menjanjikan," Katanya.


Sambungnya, Sementara masyarakat yang biasa menanam rumput laut di Kabupaten Bima ini hanya ada di beberapa desa saja.


Desa tersebut antara lain, Desa Laju Krcamatan Langgudu, Desa Doro OO Kecamatan Langgudu dan Desa Wilamaci Kecamatan Langgudu.


"Bahkan beberapa desa itu sudah dijuluki sebagai desa rumput lau,". Tutupnya. (RED)