Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Harus Terus Ditingkatkan | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Harus Terus Ditingkatkan | SorotNTB

Kamis, 07 Oktober 2021

Kadis Dikbud Kota Bima Drs. Supratman, M. AP 

Kota Bima, SorotNTB.com
-
Dinas Dikbud Kota Bima bekerjasama dengan Kemendikbud menggelar Sosialisasi penjaminan mutu paud dengan sasaran kepala satuan pendidikan.


Kegiatan yang berlangsung di SKB itu di ikuti oleh 35 orang peserta.


Kadis Dikbud Kota Bima Drs. Supratman, M. AP mengatakan, tujuan dari kegiatan itu untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan amanat Permendikbud nomor 63 tahun 2019 tentang sistim penjaminan mutu satuan pendidikan.


"Penjaminan mutu satuan pendidikan harus terus ditingkatkan, juga dalam menghadapi akreditasi paud,  bisa akreditasi A, B dan C. termasuk PKBM," ujarnya Rabu (07/10/2021).


Lanjut dia, dalam melaksanakan dan mengimplementasikan delapan standar nasional pendidik dan kependidikan. Termasuk standar kompetensi kelulusan. Sehingga mutu satuan pendidikan bisa di percaya oleh masyarakat untuk menitipkan putra-putrinya kepada TK Paud dan PKBM.


Ditanya kenapa mesti dititipkan di lembaga non formal sementara ada lembaga formal? soal itu kata dia, tergantung pilihaan orang tua atau wali murid, karena mereka lah yang menentukan. 


"Kita hanya berkewajiban menyediakan sarana pendidikan. Mulai dari pendidikan formal maupun non formal," terangnya.


Perlu diketahui kata dia, Pendidikan non formal ini setara dengan pendidikan formal. Bahkan banyak pemimpin di daerah-daerah itu lahir dari ijasa non formal.


Ditegaskannya, bahwa pemimpin pendidikan harus itu mampu beradaptasi dengan teknoogi. Karena sekarang sistim pendidikan banyak menggunakan teknologi tidak lagi manual. (SRT-01)