Inovasi Gebrak Bimantika Terima Penghargaan Top 45 Nasional
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Inovasi Gebrak Bimantika Terima Penghargaan Top 45 Nasional

Kamis, 26 November 2020

Sekda saat Terima Penghargaan

Bima, SorotNTB.com
-Setelah tahun lalu Inovasi Sentuh Perempuan dengan  SIMAWAR menembus Posisi Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Rabu, (25/11/20) prestasi yang sama juga kembali diraih  Inovasi Gerakan Bersama Kabupaten Bima Anti Stunting, Kekurangan Gizi dan Anemia (GEBRAK BIMANTIKA)


Pada acara dihadiri menteri, pimpinan lembaga, gubernur, bupati/walikota, direktur utama BUMN dan pimpinan lembaga lainnya tersebut Wakil Presiden RI K.H Ma'ruf Amin membuka dan memberikan arahan  secara virtual  dan penyerahan penghargaan secara langsung oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalitas.

 

Bupati Bima yang diwakili Sekretaris Daerah  Drs. H.M. Taufik HAK, M.Si yang didampingi Kepala Bagian Organisasi Setda Syamsul Bahrain, S.IP. M.Si dan Inovator Gebrak BIMANTIKA Tita  Masitha M.Si sesaat setelah menerima penghargaan di  Gedung Tribrata Jalan Dharmawangsa Kemayoran Jakarta menegaskan kembali pentingnya inovasi pelayanan publik.

             

Sekda yang mengutip pernyataan Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, pembinaan inovasi yang dilakukan Kementerian PANRB tidak berhenti pada kompetisi, namun juga meliputi pengembangan inovasi melalui transfer pengetahuan/replikasi inovasi pelayanan publik, serta pelembagaan inovasi tersebut agar berkelanjutan.

             

“Ujung reformasi birokrasi adalah peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai harapan masyarakat, melalui birokrasi yang lincah dan cepat mengambil keputusan. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian penyelenggara pelayanan adalah optimalisasi sumber daya, anggaran, teknologi informasi, serta jejaring kerja yang mendukung inovasi”. Urainya. 

            

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Organisasi Setda Syamsul Bahrain S.Ip. M.Si mengatakan, kompetisi tahun ini merupakan KIPP Ke-7, sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014 oleh Kementerian PANRB. 

           

“KIPP merupakan strategi kebijakan Kementerian PANRB dalam mendorong penciptaan/pembentukan inovasi pelayanan publik yang dilakukan isntansi pemerintah untuk mendukung gerakan One Agency One Innovation sebagai bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi.

                 

Tahun ini terjaring 1.204 inovasi dari tujuh klaster instansi yang berhasil dihimpun, dengan rincian  141 inovasi Kementerian/Lembaga, 168 inovasi Pemerintah provinsi, 403 inovasi Pemerintah kabupaten, 200 inovasi Pemerintah kota, 98 inovasi Perguruan tinggi, 50 inovasi Perusahaan swasta  dan 144 inovasi Masyarakat sipil.

              

“Inovasi  Gebrak BIMANTIKA dari Kabupaten Bima termasuk kategori pemerintah kabupaten bersama 18 daerah lainnya. Selengkapnya, daftar Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 mencakup 7 Kementerian, 5 Lembaga, 7 Pemerintah Provinsi, 19 Pemerintah Kabupaten dan 7 pemerintah kota," tandas Syamsul. (SRT-01)