Bupati Bima Jadi Irup HUT Damkar ke-105 Tingkat NTB | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Bupati Bima Jadi Irup HUT Damkar ke-105 Tingkat NTB | SorotNTB

Kamis, 07 Maret 2024

Bupati Bima saat menjadi Inspektur upacara HUT Damkar ke-105 Tingkat NTB yang di Gelar di Bima

Kota Bima, SorotNTB.com
- Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-105 korps Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tingkat Provinsi NTB  yang mengangkat tema  Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi"  Kamis (7/3)  dipusatkan di  Lapangan Upacara Kantor Bupati Bima Jalan Soekarno -Hatta Nomor 1 Kecamatan Woha


Inspektur Upacara Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE.M.IP yang membacakan amanat Menteri Dalam Negeri RI  dihadapan 300 personil Damkar dan Penyelamatan (Damkarmat), Wabup H.Dahlan M.Noer,  Unsur Forkopimda, Kadis Damkarmat Kabupaten/Kota Se-NTB, para pejabat Struktural, Fungsional dan Staf OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima menyampaikan  beberapa poin amanat Menteri Dalam Negeri RI Jenderal Polisi (Purn) Prof.Drs.H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., P.hD.


"Saya mengingatkan kepada kita semua agar senantiasa memprioritaskan aspek pencegahan dalam penanggulangan kebakaran. Tugas pemadam kebakaran tidak hanya bekerja pada saat kebakaran. Untuk itu juga harus mampu memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat serta melibatkan masyarakat dalam program penanggulangan kebakaran di daerah


Ditambahkan Bupati, tugas pemadam kebakaran yang demikian kompleks saat ini masih belum dapat diselenggarakan secara optimal di daerah. Untuk itu perlu satu bentuk kelembagaan mandiri agar dapat mengelola anggaran dan sumber daya manusia secara maksimal sesuai dengan kebutuhan". Tandasnya pada upacara yang bertindak selaku Komandan Upacara, Didi Fahdiansyah, ST MT (Kadis Damkarmat Kota Bima) dan perwira Upacara  H.Sahabuddin,S.Sos,M.Si (Kadis Damkar Dan Penyelamatan Kabupaten Sumbawa).



Setelah Upacara,  jajaran Damkarmat melakukan atraksi simulasi penjinakan ular dan edukasi penanganan ular oleh Tim Damkarmat kabupaten Sumbawa,  atraksi simulasi alat pemadam api ringan (APAR) oleh tim Damkarmat Kabupaten Bima, atraksi simulasi fire ground oleh Damkarmat Kota Bima dan konvoi mobil pemadam kebakaran dan penyelamatan gabungan. (SRT-01)