Intensitas Hujan Tinggi, Dua Kecamatan Terdampak Banjir | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Intensitas Hujan Tinggi, Dua Kecamatan Terdampak Banjir | SorotNTB

Jumat, 08 Desember 2023

Dua desa terdampak

Bima, SorotNTB.com
- Pasca hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai petir dan angin kencang yang terjadi tanggal 6-7 Desember 2023 di kecamatan Soromandi, Donggo, Madapangga,  Tambora, Sanggar, Bolo, Palibelo, Woha, Ambalawi, Lambitu, Belo, dan sekitarnya hingga  pukul 18:00 WITA menyebabkan terjadi bencana alam hidrometrologi berupa banjir dan angin Puting beliung yang melanda beberapa wilayah, Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) BPBD kabupaten Bima Kamis (7/12) 


Kalak BPBD melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik M. Nurul Huda, ST., MT. Kamis (7/12) melaporkan,  banjir lokal di jalan, dataran rendah dan jembatan terjadi di kecamatan Sanggar dan menyebabkan tiga desa  yaitu Desa Sandue,  Kore dan Desa Taloko terdampak.


"Curah hujan yang cukup tinggi  menyebabkan ruas jalan provinsi di  Desa Kore, Sandue  dan Desa Taloko tergenang air setinggi paha orang dewasa. Luapan air juga mengganggu arus lalu lintas dan aktifitas masyarakat setempat serta jembatan darurat di Desa Kore putus.

Delapan RT di Desa Taloko tergenang banjir,  selain itu ada beberapa pagar rumah  yang jebol  dan Talud lapangan. 1 unit terminal di Desa Sandue tergenang air setinggi paha orang dewasa.


Sementara, bencana yang sama juga menyebabkan dua desa di Kecamatan Madapangga yaitu Desa Madawau dan Desa Ndano terdampak. 


"Bendung Madapangga mengalami longsor sayap dan tebing sepanjang 60 meter, ketinggian tebing 6 meter dan pipa PDAM berdiamater 8 inci  sepangan 6 meter patah. Pipa air minum untuk mengalirkan air bersih kepada 700 pelanggan  di 5 desa yang tersebar di kecamatan Madapangga.

Masih di kecamatan Madapangga, Desa Madawau mengalami dampak angin puting beliung menyebabkan rumah 16 kk  mengalami kerusakan ringan hingga sedang, kebanyakan atap rumah melayang akibat angin kencang.


Pasca kejadian bencana, Tim BPBD melakukan   koordinasi  dengan camat dan desa setempat terkait  penanganan,  melakukan pengamatan, pendataan dan kaji cepat serta penanganan darurat bencana. 


Masyarakat dihimbau agar tetap waspada terhadap dampak cuaca ekstrim seperti bencana  banjir bandang, angin puting beliung, pohon tumbang dan tanah longsor. (SRT-02)