Gerakan Pungut dan Pilah Sampah, Wujud Kesadaran Akan Kebersihan dari Wali Kota | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Gerakan Pungut dan Pilah Sampah, Wujud Kesadaran Akan Kebersihan dari Wali Kota | SorotNTB

Rabu, 15 Maret 2023

Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE

Kota Bima, SorotNTB
- Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE pada tanggal 28 Februari 2023 mengeluarkan Surat Edaran terkait "Gerakan Pungut dan Pilah Sampah Dari Rumah Bagi ASN dan Tenaga Non ASN Lingkup Pemerintah Kota Bima" Nomor 018/74/II/DLH/2023. Surat edaran ini diedarkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah, Camat, dan Lurah.


Surat edaran tersebut bertujuan untuk mengkampanyekan, mengedukasi dan mensosialisasikan kepada seluruh ASN dan Tenaga Non ASN Lingkup Pemerintah Kota Bima.


Kepala Diskominfotik Kota Bima, Drs. H. Mahfud, M.Pd menjelaskan, salah satu hal yang harus dilakukan yaitu melakukan swafoto (selfie) dengan sampahnya dan diupload ke media sosial masing-masing untuk menjadi contoh dan teladan bagi seluruh birokrasi dan bagi masyarakat umum.


Selain itu juga, sebagai motivasi kepada orang lain untuk menciptakan lingkungan yang bebas sampah, membentuk masyarakat agar menjaga lingkungan bebas sampah, dan manajemen praktik dalam pemilahan sampah organik dan non organik secara mandiri. Bebernya.


"Surat Edaran Pak Walikota ini mengingatkan kembali kepada kita semua tentang kebersihan, dalam agama disebutkan kebersihan merupakan sebagian dari iman. Kebersihan adalah hal yang mutlak dibutuhkan oleh setiap orang yang tinggal di dalam lingkungan hidup. Lingkungan hidup yang bersih, menciptakan rasa kenyamanan serta kesehatan bagi setiap individu yang tinggal didalamnya," ungkap Mahfud.


H. Mahfud menambahkan, bayangkan saja, seandainya lingkungan hidup yang anda tinggali kotor, maka rasa tidak nyaman akan menghampiri. Kemungkinan timbulnya berbagai penyakit pun lebih besar dibandingkan dengan lingkungan hidup yang bersih. Tutupnya.


Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima, Ayief Rustaman mengatakan, dalam lingkungan hidup, penting untuk menjaga kesadaran dalam menjaga kebersihan, menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri, kebersihan diri merupakan cermin kehidupan seseorang.


"Edaran Pak Walikota Bima tentang Gerakan Pungut dan Pilah Sampah Dari Rumah Bagi ASN dan Tenaga Non ASN Lingkup Pemerintah Kota Bima sangat membantu layanan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima," ujar Ayief.


Ia mengatakan, kerja petugas dilapangan sudah maksimal dengan melakukan layanan Rutin pagi dan Sore, layanan siaga rutin, layanan siaga minggu, bahkan layanan khusus serta layanan menjemput sampah di setiap OPD yang telah di kumpulkan dan di pilah oleh ASN dan Non ASN dari rumah dalam menjaga kebersihan.


"Faktor utama yang sangat berpengaruh agar lingkungan masyarakat terlihat bersih adalah kesadaran masyarakat itu sendiri," tutupnya. (SRT-02)