Ini beberapa Kelurahan yang Tergenang Luapan Banjir | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Ini beberapa Kelurahan yang Tergenang Luapan Banjir | SorotNTB

Senin, 05 Desember 2022

Luapan Banjir di salah satu Kelurahan 

Kota Bima, SorotNTB.com
- Hujan deras kembali mengguyur Kota Bima dan sekitarnya pada siang kemarin, Minggu, 4 Desember 2022.


Kepala Pelaksana BPBD, Sukarno, SH mengungkapkan dengan intensitas hujan yang cukup lama mengakibatkan terjadinya luapan sungai dan genangan air dibeberapa kelurahan di Kota Bima, diantaranya; Kelurahan Jatibaru Barat, Kelurahan Nae, Kelurahan Jatiwangi, Kelurahan Ule, serta Kelurahan Melayu dengan ketinggian genangan berkisar 10-60 cm.


 "Hujan terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dengan durasi yang cukup lama menyebabkan meluapnya sungai dan saluran drainase di beberapa kelurahan," ungkapnya.


 Seperti yang diketahui bahwa Kota Bima setiap tahunnya selalu disapa oleh banjir. Hal ini disebabkan karena intesitas hujan yang cukup tinggi dengan durasi yang lama, adanya penggundulan hutan serta daya tampung drainase yang kurang maksimal.


 Untuk itu, Pemerintah Kota Bima dibawah BPBP melakukan upaya-upaya untuk mengurangi banjir yang terjadi sore kemarin.


 "Dengan memantau peringatan dini dari BMKG, peringatan dini melalui Handy Talkie (HT) dan WhatsApp Group, melakukan komunikasi dengan relawan (TSBK, PTTB dan Masyarakat yang berada di lapangan, melakukan asesmen dan kajian cepat terhadap bencana serta koordinasi dengan OPD terkait," jelas Kalak BPBD. (SRT-03)