Penerapan Manajemen Memakmurkan Masjid dan Jama'ah, H. Anwar Bersama Kemenag Kobi Turun Sosialisasi di Tiap Masjid | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Penerapan Manajemen Memakmurkan Masjid dan Jama'ah, H. Anwar Bersama Kemenag Kobi Turun Sosialisasi di Tiap Masjid | SorotNTB

Minggu, 06 Februari 2022

Ketua Pengurus Masjid Nurul iman Lewirato Kota Bima H. Anwar

Kota Bima, SorotNTB.com
-Menindak Lanjuti program Kegiatan Masjid Nurul Iman Kelurahan Lewirato Kecamatan Mpunda Kota Bima tentang penerapan manajemen memakmurkan masjid dan jama'ah di respon baik oleh semua kalangan termasuk kemenag Kota Bima. 


Tertanggal 31 Januari 2022 Pengurus Masjid Nurul Iman Lewirato dan jajaran Kemenag Kota Bima turun bersama melakukan sosialisasi di setiap Masjid yang di Kota Bima dengan dua materi berbeda.


Dari pengurus masjid Nurul iman yang di ketuai H. Anwar membawa materi tentang manajemen Memakmurkan masjid dan Bagaimana masjid Bisa memakmurkan jama'ah. Sedang dari pihak kemenag yang di waliki oleh H. Eka Iskandar membawa materi Simas (Sistem Informasi manajemen masjid).


"Tahap pertama kita sudah mulai turun dari senin-jum'at di setiap masjid yang ada di Kota Bima, dan respon mereka sangat baik, dan para pengurus pun berjanji akan menerapkannya," ujar Anwar Minggu (06/02/2022).


Selain itu, disampaikannya juga bahwa masjid Nurul iman sekarang ditunjuk sebagai salah satu masjid yang mengikuti lomba masjid teladan di Kota Bima, dan jika lolos bisa lanjut ke tingkat provinsi bahkan nasional.


Terkait dengan Koperasi lanjutnya, bahwa modal Koperasi syariah disamping bersumber dari uang simpanan pokok dan Simpanan wajib anggota, juga ada bantuan modal dari donatur yakni Ir. H. Sutarman, MM sebesar Rp. 15. 000.000,-.


"Selain itu juga ada tambahan dari saya sendiri, sementara kalau donatur untuk ATM beras ada sumbangan  tetap setiap bulan dari Ir. H. Sutarman 50 Kg, Ir. H. Mukhlis 50 Kg dari saya sendiri 50 Kg. Disamping itu ada juga beberapa orang yang memberikan bantuan beras mulai 1 Kg sampai 10 kg perorang. Dan itu tidak bisa saya sebut satu persatu," jelasnya.


Dirinya pun berharap, bantuan dari para hartawan, dermawan dan donatur yang baik hati untuk menambah dana koperasi syariah maupun beras untuk diberikan pada para jama'ah yang tidak mampu.


"Begitu juga untuk dana koperasi kami masih membutuhkan bantuan dari berbagai pihak karena kami membutuhkan dana minimal 200 juta, karena yang ada baru 100 juta," terangnya.


Ketua juga menyampaikan, bahwa Sekarang program masjid sudah ada kemajuan dan peningkatan, dulu ngopi bareng di masjid hanya 3 kali sepekan, sekarang sudah tiap hari. 


"Ini merupakan kemajuan yang luar biasa, Kemudian kami juga melayani jama'ah yang mengambil beras pada ATM beras tetap di melayani dengan baik," pungkasnya. (SRT-01)