H. Anwar Bagikan Ilmu Manajemen Memakmurkan Masjid dan Jama'ah | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

H. Anwar Bagikan Ilmu Manajemen Memakmurkan Masjid dan Jama'ah | SorotNTB

Minggu, 30 Januari 2022

Ketua Pengurus masjid Nurul Iman Lewirato Kota Bima H. Anwar Efendi HMS, SH 

Kota Bima, SorotNTB.com
- Ketua Pengurus masjid Nurul Iman Lewirato Kota Bima  H. Anwar Efendi HMS, SH membagikan ilmu Manajemen memakmurkan  masjid dan memakmurkan jama'ah masjid Nurul iman Kelurahan lewirato Kota Bima


Adapun program yang telah dilaksanakan yaitu, untuk kenyamanan dan kesejukan jama'ah, masjid selalu dibersihkan dan full AC, Dalam rangka untuk memperbaiki ekonomi jama'ah dan masyarakat telah membentuk koperasi syariah sebagai tempat simpan pinjam uang dan pembiayaan syariah tanpa bunga sekaligus sebagai upaya untuk memberantas rentenir dan riba.


Lanjut, disamoing pelayanan simpan pinjam uang melalui koperasi syariah, uang kas masjid juga diberikan pinjaman pada jama'ah yang sangat membutuhkan dan kalau uang kas Masjid ini hanya khusus melayani jama'ah tetap.


Pembentukan koperasi syariah dan pelayanan simpan pinjam melalui uang kas masjid sebagai tindak lanjut program gubernur NTB mawar mas. Di masjid kami ada ATM beras untuk melayani jama'ah tetap maksudnya bagi jamaah tetap yang tidak punya beras, boleh ambil beras di masjid.


Tiga hari sepekan ada ada kopi bareng di masjid yaitu pada hari Jumat, Sabtu dan Ahad bagi. Juga disiapkan makanan yang sifatnya insidentil.  Untuk bulan puasa disipakan makanan dan minuman ringan untuk buka puasa.


Untuk kenyamanan jama'ah, bagi jamaah yang kelingan sepatu atau sandal di Masjid maka pengurus akan menggantikannya sesuai merek yang di pake.


Selain itu di masjid juga sudah disiapkan tempat pemandian mayat yang bisa di pindah-pindah. Di masjid setiap hari juga ada pengajian dan kultum ba'da subuh untuk hari Rabu dan juma'at kajian tafsir dan harri-hari lain ada kultum. Untuk kegiatan TPA dan TPQ anak-anak dilaksankan setiap hari ba'da ashar.


Sementara  program yang akan dilaksankan yaitu, untuk memperluas pemabganuan masjid perlu membeli dan membebaskan rumah sebelah barat dan Utara masjid, menyiapkan toko sovinir muslim, toko sambako dan klinik kesehatan. Selain itu juga menyiapkan makanan untuk seluruh jamaah setiap hari Jum'at dan makanan dan berat untuk buka puasa satu bulan penuh setiap bulan ramadhan 


Program-program dan manajemen Ini kata dia, merupakan hasil studing banding ke Singapura, Malasya dan Jogja.


"Di Jogja ada dua masjid yang saya jungangi yaitu, masjid jokoraria dan masjid mutakin, 2 masjid ini merupakan masjid terbaik di Indonesia, kaitan dengan pengelaolan dan kemakmuran masjidnya," jelasnya.


Lanjut dia, Istimwahnya masjid disana jamaatnya tidak bisa dibedakan mana solat 5 waktu dan mana Solah Jum'at akibat saking banyaknya jamaah.


"Saya ingin membagikan ilmu manejemen memakmurkan masjid dan jamaah yang saya dapat dari studi banding untuk di terapkan di masjid-masjid yang ada di Kota Bima. Saya siap membagi info ini diseluuh masjid se Kota Bima apabilah dibutuhkan," tuturnya.


Dikatakannya, Sebelum ada program ini di masjid lewirato jama'ahnya hanya sampai satu dua Syaf saja, setelah ada program  kini syafnya semakin banyak.  


"Alhamdulillah Jama'ahnya di masjid Nurul Iman Lewirato kini semakin banyak," ucapnya bersyukur. (SRT-01)