Pemkab Bima Launching Pembangunan Perpustakaan Rp 8,6 Miliar
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Pemkab Bima Launching Pembangunan Perpustakaan Rp 8,6 Miliar

Kamis, 12 Maret 2020

Pemukulan Gong oleh Wabub Bima sebagai tandai Launching Pembanguanan Perpus. (Foto: Humas)
Bima, SorotNTB.com-Pemerintah Kabupaten Bima, melaunching Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah, Kamis, 12 Maret 2020, di aula Rapat Utama, Kantor Bupati Bima.

Launching Perpustakaan senilai Rp 8,6 Miliar itu ditandai dengan pemukulan Gong oleh Wakil Bupati Bima, Drs. H Dahlan HM Noer, didampingi Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando MM, Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE dan Kepala Perpustakaan Wilayah NTB.

Usai Launcing, kegiatan yang dihadiri Camat, Kades dan pegiat Lirerasi itu, langsung dilanjutkan dengan Sosialisasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial lingkup Kabupaten Bima.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Setda Bima, M Chandra Kusuma, AP, mengatakan, dalam sambutanya Bupati Umi Dinda, menyampaikan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional RI.
Telah mempercayai Pemkab Bima, untuk membangun Perpustakaan dengan dana yang cukup besar.

‘’Saya yakin, kenapa di pilih Bima, karena melihat giat Literasi di Kabupaten Bima. Munculnya komunitas penggiat literasi menciptakan ruang baca publik di mulai dari tingkat bawah,’’ucap Bupati, ditirukan Kabag Chandra.

Sementara itu Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhhamad Syarif Bando MM, mengatakan, keberadaan Perpustakaan di tingkat desa dan kelurahan sangat penting. Karena dapat mengakses informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.

Dijelaskan Syarif, Undang-undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah. Sebagai tindak lanjut Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, Perpustakaan ditetapkan sebagai urusan wajib non pelayanan dasar.

Wajib menyediakan layanan Perpustakaan sesuai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga kebutuhan masyarakat.
“Atas dasar itu Perpusnas didukung Bappenas memprogramkan transformasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial,”ujarnya.

Selain dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, H. Manggaukang Raba, dihadiri pula oleh Kepala Perpustakaan Kota Bima, H. Mahfud, MPd, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bima, H. Asrarudin SH, MPd, dan Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Dompu, Rohyani SH.(ADV)