Musrenbang Kelurahan Ule, Program Prioritas Warga Usulkan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Musrenbang Kelurahan Ule, Program Prioritas Warga Usulkan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

Jumat, 21 Februari 2020

Suasana Musrenbang Kelurahan Ule. (Foto: Choey)
Kota Bima, SorotNTB.com- Keluralan Ule Kota Bima Jum'at (20/02/2020) pagi menggelar Musrenbang tahun 2020.

Kegiatan terswbut berlangsung di aula kantor setempat dan hadiri Camat, Lurah, Bappeda, Babinsa, babinkamtibmas, BKM, LMP, Karang Taruna, Rt dan Rw dan masyarakat.

Kepala Kelurahan Ule, Nursin, S, Sos dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Musrenbang seperti ini rutin di laksanakan setiap tahunnya untuk menjaring aspirasi masyarakat berdasarkan kebutuhan skala prioritas yang selanjutnya akan dikawal hingga ke Musrenbang tingkat kecamatan dan Kota.

"Kami pastikan bahwa apapun usulan masyarakat akan terus kami pantau dan kami kawal dan kemarin Alhamdulillah pada kegiatan reses dewan kemarin ada beberapa aspirasi masyarakat yang akan direalisasikan pada tahun ini yaitu 10 paket proyek yang masuk di kelurahan Ule," jelasnya.

Camat Asakota dalam sambutan singkatnya yang di sampaikan oleh Kasi Trantib, Jamaludin menyampaikan Musrenbang yang kita laksnakan ini merupakan amanat Undang Undang yang mesti dilakukan yang benar benar bedasarakan kebutuhan masyarakat secara umum bukan atas dasar kebutuhan pribadi atau kelompok dengan harapan dapat memunculkan beberapa hasil kesepakatan yang pro rakyat yang berdaya guna dan berhasil guna sehingga dapat berdampak positif bagi masyarakat.

Sementara itu Mewakili Kepala Bappeda Kota bima, Adi Akwam menjelaskan ada beberapa program prioritas pembangunan yang akan di laksanakan pertama adalah peningkatam ekonomi untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan pengurangan pengangguran,ya mungkin ada kelompok kelompok ekonomi yang tidak terakomodir tahun ini bisa d usulkan nanti untuk kelompok baru di tahun 2021.

Kemudian program kedua adalah penuntasan kekumuhan mulai jalan, air bersih, sanitasi juga RTLH juga septik tank individual.

"Untuk semua program tersebut tolong disertai dengan data lengkapnya termasuk juga kesepakatan warga tentang kejelasan menyangkut masalah hibah lahannya," ujar Adi.

Jadi kata Adi, setiap usulan yang di samapikan tidak saja karena berdasarkan pada kebutuhan atau kepentingan tetapi yang tak kalah pentingnya juga adalah kesiapan masyarakat mengenai lahannya, jangan setelah mau dieksekusi ternyata lahannya tidak ada karena inilah yang menjadi rujukan pemerintah dalam menentukan porsi pembangunan di tahun mendatang.

Kegiatan Musrenbang tingkat Kelurahan Ule di warnai oleh beragam usulan skala prioritas di masing masing wilayah lingkungan kelurahan Ule mulai dari peningkatan jalan, perbaikan drainase,Pembangunan kantor lurah Ule, juga pemberdayaan masyarakat. (RED)