Di Tahun Pertama, Perumda Bima Aneka Akan Optimalkan Pengenalan BUMD
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Di Tahun Pertama, Perumda Bima Aneka Akan Optimalkan Pengenalan BUMD

Kamis, 14 Januari 2021

Wali Kota Bima HML

Kota Bima, SorotNTB.com
-Di tahun pertama berdiri, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bima Aneka akan optimalkan pengenalan BUMD kepada masyarakat luas. Hal ini mengemuka ketika pemaparan rencana bisnis dan rencana kerja anggaran Perumda Bima Aneka, sore tadi Rabu (13/01/2021) di Kediaman Wali Kota Bima.


Pemaparan oleh Direktur Perumda Bima Aneka Zulhaidin SE dihadapan Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi SE. Hadir mendampingi Sekda Kota Bima Drs H Mukhtar MH, Asisten perekonomian dan pembangunan Setda Kota Bima serta beberapa Kepala Perangkat Daerah terkait.


Dalam pemaparan rencana bisnis dan rencana anggaran kerja tersebut terdapat 3 (tiga) fokus kegiatan utama di tahun pertama ini, yakni : (1) Penguatan Kelembagaan; (2) Pelaksanaan Unit Usaha (Produksi); dan (3) Pemenuhan Operasional.


Selain itu, terdapat pula berbagai macam jenis produksi yang menjadi prioritas dalam Perumda Bima Aneka yang diantaranya adalah Etalase BUMD, Packaging, dan BUMD Ticketing.


Dalam arahannya, Wali Kota Bima memberi penekanan pada penguatan pada pengenalan dan promo produk BUMD tersebut. "Tahun pertama itu tahun pengenalan," ujar Wali Kota.


Pengenalan yang dimaksud, bertujuan untuk melihat kemampuan BUMD tersebut di tahun pertamanya memulai usaha serta memiliki langkah strategis guna menghindari kebangkrutan (collapse).


Selain memberikan arahan, Wali Kota Bima berharap bahwa nantinya Perumda Bima Aneka  mampu menghasilkan inovasi produk yang hanya ada di Kota Bima, hal ini nantinya yang menambah daya jual dari produk tersebut. Tidak hanya mampu menaikkan nilai jual, namun juga menjadikan produk besutan Perumda Bima Aneka tersebut sebagai cindera mata khas kota Bima. 


"Trading diperkuat, siapkan kardus packaging paket, bikin sendiri sehingga kita punya ciri khas," tegas Wali Kota.


Lebih lanjut, dimintanya kepada BUMD Bima Aneka untuk dapat membangun tempat produksi yang menyatu dengan kantor dan gudang. Tujuannya adalah agar kontrolnya menjadi lebih mudah dan maksimal. 


"Kantor dan tempat produksi disatukan agar kontrolnya kuat," ujarnya.


Diarahkannya pula kepada Perangkat Daerah terkait untuk membangun komunikasi yang intens. Komunikasi yang baik akan memberikan pertumbuhan yang baik pula bagi usaha tersebut untuk berkembang. 


Di akhir arahannya, Wali Kota Bima kembali menekankan tentang penajaman rencana dan pengenalan produk kepada masyarakat di awal tahun ini. (SRT-01)