3 Warga Kota Bima Terkonfirmasi Positif Covid-19
Cari Berita

Iklan 970x90 px

3 Warga Kota Bima Terkonfirmasi Positif Covid-19

Senin, 20 Juli 2020

Jubir Covid-19 Kota Bima H. Abdul Malik
Kota Bima, SorotNTB.com- Jubir Covid-19 Kota Bima H. Abdul Malik mengatakan, bahwa Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bima Senin (20/07/2020) telah menerima press release dari Tim Gugus Tugas Provinsi NTB. Berdasarkan press release tersebut menyatakan bahwa terdapat penambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Bima sebanyak 3 (orang) orang. Yaitu 1 orang beralamat Kota Bima dan 2 orang berdomisili di Kota Bima ber KTP Kabupaten Bima.

Pasien nomor 1762 NTB (Pasien 14 Kota Bima) an. An. MAS, perempuan, usia 3 tahun, penduduk Kelurahan Penaraga, Kecamatan Raba, Kota Bima. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit
Covid-19. Riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19 nomor 1761 dan pasien 1763 NTB yang merupakan keluarga terdekat. Saat ini pasien dirawat di Ruang Isolasi RSUD Kota Bima dengan kondisi baik.

Adapun dua pasien lainnya, yakni pasien nomor 1761 NTB dan pasien nomor 1763 NTB yang merupakan keluarga terdekat dari pasien 1762 yg ber-KTP Desa Bre, Kabupaten Bima , berdomisili di Kota Bima yakni di kelurahan penaraga. Kedua pasien tersebut dirawat di ruang Isolasi RSUD Kota Bima dan dalam kondisi baik.

"Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bima hari ini akan langsung melakukan tracking secara cepat terhadap keluarga terkonfirmasi positif covid-19," ujar Malik.

Diharapkan kepada seluruh masyarakat Kota Bima yang pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit covid-19 agar sepulang melakukan perjalanan melakukan pemeriksaan atau melakukan isolasi mandiri secara ketat selama minimal 10 hari.

Selain itu pula diharapkan kepada masyarakat yang merasa pernah melakukan kontak fisik dengan pasien-pasien tersebut agar segera melaporkan diri kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bima melalui Dinas Kesehatan Kota Bima sehingga bisa dilakukan pemeriksaan dan penanganan secara cepat dan tepat.

Dihimbau kepada warga masyarakat Kota Bima agar tetap tenang dan tidak panik serta tetap waspada dan menjalankan protokol kesehatan Covid-19 saat beraktivitas.

"Ucapan terima kasih pula kami sampaikan kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam upaya pemutusan mata rantai penularan Covid-19. Kita semua adalah garda terdepan untuk mencegah dan menghentikan penularan virus ini," tutur Malik.

"Mari kita tetap memperhatikan seluruh himbauan pemerintah, menerapkan physical distancing minimal dua meter, senantiasa menjaga kebersihan, sering mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, selalu memakai masker jika beraktifitas di luar rumah," tambanya menghimbau.

Apresiasi yang sangat tinggi dari Pemerintah Kota Bima kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Kelurahan (Lurah, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, RT/RW) yang telah bekerja keras untuk terus meningkatkan penerapan kelurahan mandiri dengan melaporkan setiap arus keluar masuk penduduk dari luar daerah yang terpapar covid-19 di wilayah kelurahan masing-masing.

"Mari kita terus bangun solidaritas kemanusiaan, saling bahu membahu dalam memerangi Covid-19 di Kota Bima. Tingkatkan kepedulian sosial dan partisipasi sosial ditengah masyarakat," ucapnya.

Kata dia, sampai dengan hari ini Update tanggal 20 Juli 2020 pukul 14.00 Wita, jumlah Pasien positif sebanyak 1 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 2 orang. Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 70 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya 1 orang. Sedangkan Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) 43 orang yang pernah melakukan perjalanan (Penambahan positif akan dimasukkan pada update per tanggal 21 Juli 2020 pukul 14.00 Wita).

Untuk menghindari informasi yang tidak benar tentang Covid-19. Masyarakat diharapkan mendapatkan informasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Pemerintah Kota Bima telah menyiapkan halaman resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yaitu http://covid19.bimakota.go.id, halaman Facebook Humas Protokol Kota Bima, Call Center Tim Kesehatan Kota Bima di nomor 085242304368 dan posko terpadu Covid-19 di nomor 085239047521. (SRT-01)