Polres Dompu Gelar Rakor Pembentukan Kampung Sehat
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Polres Dompu Gelar Rakor Pembentukan Kampung Sehat

Selasa, 16 Juni 2020

Pose bersama Kapolres Dompu, Dandim, Kalak BPBD dan Kadikes selesai Rakor
Dompu, SorotNTB.com- Jajaran Polres Dompu Kamis (11/06/202) pagi menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) dalam rangka pembentukan Kampung Sehat di Kabupaten Dompu.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Polres Setempat. Rakor dipimpin langsung Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SIK dan dihadiri Dandim 1614 Dompu, Wakapolres, Kalak BPBD, Kadikes, Kasat Pol PP, dan Para Pejabat Pemkab Dompu.

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SIK dalam sambutannya menyanpaikan, dalam rangka pembentukan Kampung Sehat perlu adanya sosialisasi salah satunya membuat Poster/Spanduk dan Penerangan Keliling.

"Membuat Peraturan Desa (Perdes) tentang Protokol kesehatan pada saat Pandemi Corona salah satu contohnya pelaksanaan resepsi pernikahan, takjiah kematian dll. Membuat portal Posko Pengendalian Covid 19. Adanya data masyarakat PDP, PDP. Menyiapkan Ruang isolasi penanganan Pasien di Desa," ucapnya.

Lanjut Kapolres, untuk pendidikan non formal dengan memanfaatkan guru-guru yg ada di Desa.

Dandim 1614 Dompu Lentkol Inf. Ali Cahyono, S.Com mengatakan, bahwa kegiatan kampung sehat ini merupakan program dari pemerintah daerah menuju Dompu yang sehat guna terhindar dari covid 19.

"Dengan adanya pembentukan kampung sehat di setiap Desa/Kelurahan di Kab. Dompu akan memberikan kebiasaan hidup sehat bagi masyarakat dan sejalan dengan program dari pemerintah daerah yakni New Normal. Dengan adanya jadwal pembehentian aktivitas sekolah banyaknya halaman-halaman sekolah tidak terawat kebersihanya," tutur Dandim.

Sementara itu, Kelak BPBD Dompu menambahkan, Sebenarnya apa yang menjadi program kampung sehat sebenarnya sudah dilaksanakan. Seperti menyiapkan penyemprotan disetiap Desa/Kelurahan serta alat pendeteksi suhu tubuh dan hansanitizer.

"Kemudian menghimbau kepada setiap sekolah untuk memathui protokol kesehatan dalam kegiatan belajar menagajar. Segera menentukan tim kerja untuk memberikan penilaian dalam seleksi kampung sehat. Para Kapolsek diharapkan untuk mendeskripsikan keadaan dilapangan dalam hal penanganan Covid 19," jelasnya.

PLT Kadikes Dompu menyampaikan, bahwa pihaknya sudah memperisapakan ceklis para pasien covid-19 termasuk data perjalanan pasien yang keluar kota.

"Menyiapkan Posyandu di tiap desa dengan menerapkan Protap kesehatan covid 19," pungkasnya. (SRT-02)