Walikota Hadiri FGD Rancangan Awal RKPD Kota Bima tahun 2021
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Walikota Hadiri FGD Rancangan Awal RKPD Kota Bima tahun 2021

Selasa, 18 Februari 2020

Walikota Bima, HM, Lutfi, SE
Kota Bima, SorotNTB.com- Pemerintah Kota Bima melalui Bappeda Litbang menggelar Forum Group Discussion terkait Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bima tahun 2021. Acara yang dilaksanakan di Aula Kantor Walikota Bima tersebut, turut dihadiri oleh Walikota Bima H Muhammad Lutfi SE, (18/02/2020).

Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan S.Adm, Sekretaris Daerah Kota Bima Drs H Mukhtar MH, Pimpinan Perangkat Daerah, Ketua MUI Kota Bima, Camat serta Lurah juga terlihat turut menghadiri acara tersebut.

FGD diisi dengan penjelasan dan gambaran umum oleh Kepala Bappeda Litbang Kota Bima Drs H M Fakhrunraji ME terkait konsekuensi dari penerapan Permendagri Nomor 90 tahun 2019 yang akan berdampak pada perubahan kebijakan RKPD, pemaparan mengenai capaian  pembangunan tahun 2019 baik dari aspek kesejahteraan sosial maupun kesejahteraan ekonomi.

“Arah kebijakan dan program untuk 2021 adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui reformasi birokrasi dan penguatan layanan publik. Dengan 4 (empat) sasaran prioritas yaitu pertama pengentasan kemiskinan, penguatan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, kedua penuntasan kekumuhan, lalu peningkatan layanan kesehatan serta yang ke empat yaitu reformasi birokrasi, peningkatan layanan publik dan smart city”, Papar Kepala Bappeda Litbang.

Beberapa arahan Kepala Daerah terkait penetapan program 2021 yaitu Sasaran bantuan ekonomi diarahkan pada sektor IKM dan UMKM, pembuatan stiker penerima PKH, merancang model TUKIN, Sosialisasi Perda Sampah, Optimalisasi layanan telepon pengaduan masyarakat, Optimalisasi konsultan perencanaan dan pengawasan untuk mewujudkan bangunan yang berkualitas, penyediaan air bersih melalui PDAM Regional, alokasi dana kelurahan sesuai dengan keputusan Mendagri, penyusunan regulasi daerah untuk menumbuhkembangkan cinta lingkungan, sosialisasi Permendagri Nomor 90 tahun 2019, percepatan pengadaan barang dan jasa serta penyediaan obat-obatan.

Melalui sambutannya, Walikota menegaskan bahwa akademisi harus dihadirkan dalam pembahasan RKPD dan setiap Perangkat Daerah harus memiliki inovasi dan terobosan-terobosan langsung kemasyarakat dan dapat dirasakan manfaatnya.

“Satu harapan dari pertemuan ini, kita semua sudah melihat sasaran apa yang akan kita capai, kita menginginkan program-program ini kelak terukur. Sentra ekonomi harus kita dorong. Saya menginginkan perencanaan yang dibuat ini betul-betul perencanaan yang sempurna”, Ungkap Walikota.

Menutup sambutannya, Walikota menyampaikan harapan dan keinginan agar Kota Bima menjadi kota yang bersih dan penuh estetika. (ADV)