Ini Langkah-Langkah Pengisian Sensus Penduduk Online
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Ini Langkah-Langkah Pengisian Sensus Penduduk Online

Jumat, 28 Februari 2020

BPS Sosialisasi Sensus Penduduk Online. (Foto: Humas)
Kota Bima, SorotNTB.com-BPS Kota Bima lakukan terobosan baru untuk sensus penduduk tahun 2020, kegiatan yang dilakukan dalam sepuluh tahun sekali ini yang dilaksanakan secara online secara kontinyu disosialisasikan oleh BPS termasuk di Sekretariat Daerah Kota Bima pada Jumat 28 Februari 2020 di Aula Kantor Walikota Bima.

Sosialisasi yang dilakukan untuk bagian Setda ini dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Kota Bima Drs H Sukri MSi. Hadir pula staf ahli walikota bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan H. Imam Ahmad, Asisten bidang pemerintah dan kesejahteraan rakyat Drs H Supratman MAP dan Asisten bidang ekonomi dan pembangunan Ir Hj Rini Indriati.

Asisten dan seluruh pegawai yang hadir lakukan pendaftaran sensus penduduk online di dampingi oleh pejabat dari BPS Kota Bima.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Bima Drs. H. Sukrin, M.Si dalam sambutannya, mengajak seluruh ASN dan honorer Kota Bima khususnya yang ada di bagian sekretariat agar bisa berpartisipasi dan mensukseskan kegiatan  pengumpulan data demografi ini. Sensus penduduk tahun 2020 menawarkan sistem yang sangat mudah, Pasalnya sensus penduduk ini menggunakan sistem online yang bisa diakses melalui handphone android (smart phone) dan dilakukan kapan saja dan dimana pun, dengan durasi waktu yang singkat untuk setiap rumah tangga.

Ditempat yang sama kepala BPS Kota Bima juga berharap agar seluruh ASN bisa berpartisipasi dalam sensus penduduk online agar data yang didapat bisa akurat dan terupdate.

Dilanjutkan penjelasan langkah -langkah  pengisian sensus penduduk online. Langkan pertama, Masuklah ke laman:www.sensus.bps.go.id. Kedua, Masukkan nomor KK dan NIK, lanjut ketiga, Klik kotak kosong pada captcha lalu klik “Cek keberadaan,".

"Ke empat, Jika pertama kali melakukan akses SPO buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang sesuai, lalu klik “buat password”, Kelima, Masukkan kata sandi yang telah di buat sebelumnya, lalu klik “masuk”; jelasnya.

Lanjutnya, Keenam, Bacalah panduan awal mengenai pengisian SPO, lalu klik “mulai mengisi”; kemduiam ketujuh, Pilihlah bahasa yang paling dikuasai;.

"Kedelapan, Ikuti petunjuk yang ada dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya; kesembilan, Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol kiri; terakhir ke sepuluh, Unduh atau kirim bukti pengisian ke email anda dengan mengisikan alamat email," pungkasnya. (Adv)