Hingga Mampu Capai Target Zakat 6 Miliyar, Baznas Harap Satgas Zakat Dapat Bekerja Maksimal
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Hingga Mampu Capai Target Zakat 6 Miliyar, Baznas Harap Satgas Zakat Dapat Bekerja Maksimal

Rabu, 12 Februari 2020

Sekretaris Baznas Kota Bima H. Muhidin. (Foto: Choey)
Kota Bima, SorotNTB.com- Atas dasar dan dilatar belakangi oleh perolehan zakat yang belum maksimal dari tahun ke tahun maka dari itu, untuk meningkatkan capaian target zakat pada tahun 2019 lalu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima membentuk Satuan Tugas(Satgas)zakat akan tetapi dalam realisasinya ternyata belum maksimal.

"Pembentukan Satgas Zakat ini masih kurang efektif karena tidak membawa dampak signifikan terhadap peningkatan zakat Kota bima pada tahun 2019 lalu di mana ditargetkan 5 miliar namun realisasi hanya 4,7 miliar karenanya Satgas Zakat yang di bentuk Baznas kota bima akan di evaluasi kembali pasalnya dari target awal 1,5 miliar zakat fitrah namun realisasinya hanya berkisar
1,3 persen tetapi kalau secara keseluruhan satgas zakat kita telah mampu meningkatkan perolehan zakat Baznas sebesar 30 persen Pencapaian zakat, artinya ada peningkatan cuman tidak signifikan Pencapaian zakat kita," Sekertaris Baznas, H.Muhdin saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (12/02/2020).

Soal ini kata muhidin, Kedepan pihaknya akan memcari cara atau langkah yang benar dan efektif untuk bjsa meningkatkan capaian zakat. Karena memang pada dasarnya tujuan pembentukan satgas ini adalah untuk mencapai target tetapi ternyata tidak bisa terealisasi.

"Bayangkan saja jumlah muzakki atau wajib zakat Kota Bima saat ini sekitar 150 ribu jiwa yang estimasinya jika nilai zakatnya 25 ribu per orang maka total zakat fitrah kita mencapai angka 3,75 miliar sehingga tidaklah salah kalau kita mampu menggenjot zakat fitrah ini pada tahun 2020 maka baznas Kota Bima akan bisa mewujudkan target capaian zakat sebesar 6 miliar," inginya.

Karena lanjut dia, untuk zakat lainnya seperti zakat profesi itu sudah sangat maksimal partisipasi ASN Kota Bima hampir 100 persen yang masuk hanya beberapa saja, persoalan ada pada kesadaran masyarakat umum selaku muzaki untuk menyetorkan zakatnya khusus zakat fitrah ke Badan Amil zakat resmi yang telah di bentuk oleh Baznas seperti UPZ (Unit Pengumpul Zakat) yang di sebar setiap Masjid dan Mushola.

Selain akan mengevaluasi kembali Satgas Zakat yang telah dibentuk kedepan pihak Baznas juga akan intens melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak UPZ yang ada,Pengurus Rt dan Rw,Tokoh Agama dan tokoh masyarakat dalam rangka meningkatkan penghimpunan zakat fitrah tahun 2020 sebesar 6 miliar bisa tercapai tidak hanya itu.

"dukungan pemerintah dan Media massa sangat di harapkan sekali utamanya untuk membantu mendorong partisipasi dan kesadaran masyarakat dengan informasinya terkait penghimpunan zakat bisa terwujud termasuk satgas dan Da i untuk menyuarakan tentang kewajiban berzakat dan penyalurannya melalui Badan amil yang sudah di bentuk utamanya pada Ramadhan nanti sebagai bulan berzakat"makanya sekarang saja kita tengah mempersiapkan pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pembinaan kepada UPZ se Kota Bima," Pungkasnya. (RED)