Bupati Tinjau Sejumlah Proyek Hingga Panen Garam
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Bupati Tinjau Sejumlah Proyek Hingga Panen Garam

Minggu, 08 Desember 2019

Bupati Bima Saat Panen Garam di Desa Darrusalam Kec.Bolo Kab.Bima (Foto:Humas)
Bima, SorotNTB.com-Bupati Bima Hj. Indah Dhamanti Putri, SE, menjadi Pembina Upacara pada Kegiatan Apel Siaga Kebencanaan, di Lapangan Wadu Pa’a Desa Kananta, Kecamatan Donggo, Minggu (08/12/2019).

Apel siaga ini, dalam rangkaian kegiatan Jambore Pengurangan Resiko Bencana, dimulai sekitar Pukul 08.30 Wita, dihadiri Wakil Gubernur NTB Dr. Sitti Rohmi Djalillah, Wali Kota Bima HM M Lutfi SE, Instansi Vertikal, TNI/Polri, Kepala BUMN, Non Goverment Organisation (Ngo), Valunteer dan Kepala OPD Lingkup Pemkab Bima.

Kabag Humas Setda Bima, M Chandra Kusuma, Ap, menyatakan, Bupati saat membacakan sambutan Wakil Gubernur mengaku kegiatan tersebut sangat strategis untuk menyatukan persepsi dan koordinasi dalam penanggulangan bencana.

‘’Jambore ini dirangkaikan dengan Apel Siaga Bencana, Pelatihan Relawan dan Simulasi Penanggulangan Bencana. Ini sangat strategis menyatukan persepsi dan koordinasi dalam penanggulangan bencana,’’ujar Umi Dinda.

Begitu juga, Penanaman Pohon untuk menghijaukan kembali alam, nantinya dapat meminimalisir dampak bencana yang terjadi. Selain memberikan pembelajaran dan wawasan kepada masyarakat pentingnya reboisasi di lingkungan kita.

Tujuan kegiatan Jambore, untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat, terhadap bencana dengan mengajak partisipasi semua pihak. Latihan kesiap-siagaan, masyarakat dapat berpartisipasi mulai lingkungan keluarga, komunitas sekolah, lembaga pemerintah, swasta dan lembaga usaha, dapat memberikan edukasi kebencanaan. Agar kita memiliki insting yang akhirnya masyarakat Kabupaten Bima selamat hari bencana.

Dijelaskan Bupati, Pelatihan Relawan dan Simulasi Bencana adalah upaya memperkuat kapasitas kesiapsiagaan masyarakat. Kita harapkan agar masyarakat mengenal adanya ancaman resiko dilingkungannya. “Mampu mengelola informasi peringatan dini, memahami rambu peringatan, mengurangi kepanikan dan ketergesaan saat evakuasi yang menimbulkan korban dan kerugian,’’imbuhnya.

Usai jadi Pembina Apel Siaga Bencana, Bupati Bima beserta rombongan Wakil Gubernur NTB dan Wali Kota Bima, meninjau kondisi jembatan penghubung yang ada di Desa Kànanta Kecamatan Soromandi. Selain itu juga sejumlah proyek yang dibangun menggunakan APBD Kabupaten Bima di Kecamatan Donggo. Sebelumnya, Bupati beserta rombongan Wagub, menyempatkan diri mengunjungi prasasti Wadu Pa’a dengan menggunakan transportasi laut (Boat) dari Pelabuhan laut Bima menuju Dermaga di Desa Bajo Kecamatan Soromandi.

Usai melaksanakan sejumlah kegiatan di Kecamatan Soromandi, Bupati beserta rombongan Wagub Dr Sitti Rohmi Djalillah mengunjungi Bank Sampah di Nggembe, Posyandu di Desa Timu dan Panen Garam di Desa Darussalam Kecamatan Bolo. (SR-01)