Manfaatkan Fasilitas SCF, RS dr. Agung Bima Pastikan Tetap Beri Pelayanan Terbaik
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Manfaatkan Fasilitas SCF, RS dr. Agung Bima Pastikan Tetap Beri Pelayanan Terbaik

Jumat, 29 November 2019

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima saat berkunjung di RS dr. Agung  (Foto:BPJS)
Kota Bima, SorotNTB.com- BPJS Kesehatan terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kepuasan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), mulai dari pendaftaran kepesertaan hingga mendapatkan pelayanan kesehatan.

Tidak hanya BPJS Kesehatan yang harus memberikan layanan yang terbaik kepada peserta, namun fasilitas kesehatan baik itu fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun rujukan sebagai mitra BPJS Kesehatan juga wajib memberikan pelayanan optimal dan harus dilakukan evaluasi secara berkala sehingga nantinya akan memengaruhi tingkat kepuasan peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Rs dr. Agung di Bima sebagai salah satu fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN-KIS tanpa membeda-bedakan.

Hal itu dirasakan langsung ketika Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima Kahindro Kusumo saat melakukan kunjungan langsung di rumah sakit dr. Agung pada Jumat (15/11/2019) untuk melihat pelayanan terhadap peserta JKN-KIS baik dari pelayanan administrasi, perawatan, maupun pembayaran klaim, serta kendala-kendala yang ditemui.

“Di sini saya lihat suasana pelayanan ramah dan bersahabat langsung sehinga dapat dirasakan ketika berhadapan dengan resepsionis yang menerima pasien maupun tamu yang hadir. Beberapa pasien terlihat sabar menunggu antrian untuk dapat dilayani, baik itu peserta JKN-KIS maupun peserta umum di wilayah Kota Bima,” ujar Hindro.

Walaupun sempat ada kendala terkait pembayaran klaim karena kondisi BPJS Kesehatan yang saat ini sedang mismatch, namun hal tersebut tidak mengganggu pelayanan terhadap peserta JKN-KIS, karena rumah sakit dr. Agung telah menerapkan SCF (Supply Chain Financing) sebagai salah satu alternatif pembayaran klaim untuk menjaga arus kas rumah sakit sehingga pelayanan tetap berjalan dengan lancar.

Hal itu juga disampaikan oleh Direktur rumah sakit dr. Agung, drg. Hj. Siti Hadjar saat ikut mendampingi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima melakukan kunjungan.

“Kita selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta tanpa membeda-bedakan, baik itu peserta JKN-KIS maupun peserta umum. Kita juga melihat bahwa masyarakat kini tidak memiliki kekhawatiran lagi untuk dapat mendapatkan pelayanan kesehatan. Kondisi yang terjadi ini merupakan hal yang positif. Selain itu dengan SCF (Supply Chain Financing), kondisi keuangan rumah sakit juga terjaga sehingga pelayanan terhadap peserta tidak ada kendala. Harapan kami ke depan tentunya ingin agar program JKN-KIS ini tetap berkesinambungan karena memang manfaatnya sudah banyak dirasakan oleh masyarakat,” terang Siti. (SR-01)