FKUB Gelar Pembinaan Moderasi beragama Angkatan Pertama | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

FKUB Gelar Pembinaan Moderasi beragama Angkatan Pertama | SorotNTB

Senin, 18 April 2022

Sosialisasi moderasi beragama oleh FKBU Kota Bima

Kota Bima, SorotNTB.com
- FKUB Kota Bima Senin (18/10/2022) pagi menggelar kegiatan Sosialisasi Moderasi Beragama angkatan Pertama.


Kegiatan berlansung di aula kantor setempat dan dihadiri oleh Kepala Kemenag Kota Bima, Asisten I, kepala-Kepala Seksi lingkup Kemenag Kota Bima tahun 2022. Ketua panitia kegiatan H. Furqan.


Ketua FKUB  Kota Bima, Drs. Mahmud, SH menyampaikan Tujuan kegiatan adalah diharapkan kepada para peserta untuk mampu memformulasikan terkait penguatan moderasi beragama untuk membangun lingkungan masing-masing yang moderat dalam beragama.


"Munculnya kegiatan moderasi beragama adalah cara pandang agama yang ekstrem dengan menafikan martabat kemanusiaan," tuturnya.


Ketua Panitia kegiatan H. Furqan

Bukan saja itu sambung dia, juga terkait dengan klaim kebenaran subyektif dan pemaksaan interpretasi agama menurut kelompok tertentu. Juga berkembangnya semangat beragama yang tidak selaras dengan NKRI.


Oleh karena itu untuk merekat itu semua yaitu dengan menciptakan moderasi beragama yaitu membuat sebuah komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan bersahabat dengan budaya lokal.


"Sehingga kegiatan moderasi beragama ini menjadi penting sebagai upaya sharing pengetahuan dengan para tokoh agama, akademisi dan para  Literasi keagamaan," harapnya.


Tambah dia, dalam rangka menemukan rumusan pemikiran dan aksi antar agama yang dapat mendorong kerjasama yg lebih produktif, efektif dan berkelanjutan demi kemanusiaan. (SRT-01)