Pemkot Bima Raih Penghargaan Digital Inovation award | SorotNTB
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Pemkot Bima Raih Penghargaan Digital Inovation award | SorotNTB

Rabu, 30 Maret 2022

Wali Kota Bima HM, Lutfi, SE

Kota Bima, SorotNTB.com
- Pengakuan dan apresiasi tingkat nasional kembali diterima Pemkot Bima yang diawaki Walikota H. Muhammad Lutfi. Kali ini Pemkot Bima masuk nominator utama penghargaan Digital Inovation Award (Penghargaan atas sebuah inovasi digital yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah maupun swasta). 


Banyak kriteria yang harus dilalui oleh setiap Daerah hingga masuk sebagai nominator, diantaranya adalah berhasil menciptakan sebuah sistem administrasi digital berbasis pusat komando data sehingga sehingga berguna bagi aparatur maupun masyarakat. Kota Bima sendiri telah menerapkan sistem tersebut sejak tahun 2021 silam. Ajang bergengsi tahunan tersebut akan disiarkan secara langsung di stasiun tv nasional MNC pada 31 Maret 2021 pukul 21.00 wib. 


Bersama Pemkot Bima, turut terjaring beberapa Daerah/Lembaga Negara seperti Pemkot Malang, Gorontalo, Palangkaraya, Banda Aceh, Banjar Baru dan lainya. Beberapa Pemkab seperti Pamekasan, Tanah Laut hingga Pasuruan turut terpilih masuk nominator. Masing-masing Pemerintah Daerah tersebut akan bersaing ketat dengan dua Kementrian yaitu Agama dan Pertanian. Satu Nominator Swasta juga hadir menambah daya kompetitif ajang bergengsi nasional itu. Lembaga swasta tersebut ialah PrimeOne School yang berpusat di Ibukota Nagara.


Penghargaan yang bertitel resmi MNC Digital Inovation Award 2022 tersebut terdiri dari tiga kategori. Pertama Digital For Publik Service, dimana Pemkot Bima merupakan salah satu nominatornya. Kedua Digital Inovation For Disaster For Riks Reduction yaitu penghargaan terkait upaya minimalisasi dan mitigasi terhadap resiko bencana melalui sistem digital. Yang terakhir adalah Digital Inovation For Sustainable Businnes, merupakan sebuah pengakuan terhadap daya tahan sebuah Perusahaan atau BUMN terhadap sebuah kompetisi bisnis di jaman digital seperti saat ini.


Berdasarkan data yang dihimpun redaksi, untuk wilayah Bali Nusra ( Bali,NTB,NTT) Hanya Pemkot Bima yang berhasil masuk nominasi tersebut. Sementara Walikota Bima sendiri mengharapkan doa dan suport dari seluruh rakyat agar Pemkot Bima dapat terpilih dalam ajang ini. (SRT-01)