Penyemprotan Desinfektan, Tim Gugus Tugas Bergerak Capai 50 Titik
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Penyemprotan Desinfektan, Tim Gugus Tugas Bergerak Capai 50 Titik

Selasa, 24 Maret 2020

Pemyemprotan Desinfektan. (Foto: Humas)
Bima, SorotNTB.com-Sikap dan komitmen Pemkab Bima, melawan wabah Covid-19 (Corona) di wilayah Kabupaten Bima, terus digelorakan.

Hari ini, pasca penetapan Gugus Tugas Covid-19, seluruh jajaran Pemerintah hampir diseluruh Kecamatan bekerja secara sporadis dan masif.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, sebagai Pengendali tekhnis beserta tim, juga dibantu petugas pada masing-masing kecamatan, bergerak hampir di 50 titik yang dilakukan secara random.

Sekretaris Gugus Tugas, Aris Munandar ST, MT, mengatakan, hari ini, Selasa (24/03/2020), tim yang bergerak dibagi dua. Yakni tim satu bersama TNI dan Brimob yang bertugas di posko siaga bencana BPBD. Kemudian tim dua bersama Tagana dan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bima.

‘’Mulai hari ini, tim akan bekerja sampai tiga hari kedepan dari pagi hingga sore. Dibantu oleh banyak tenaga hampir di lima puluh titik pada empat Kecamatan,’’ujarnya.

Dijelaskan Kalak BPBD Kabupaten Bima ini, tim yang bergerak di kompleks Kantor Bupati melakukan penyemprotan dari Kantor Dinas Kesehatan, BPBD, Perhubungan, Catatan Sipil, Dikbudpora dan berakhir di bagian Setda pada Ruangan Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Bima.

Ia berharap kerja sama semua Kepala OPD, Pimpinan Badan, Camat dan para Kepala Desa (Kades) tetap solid.
Dijelaskan Kalak Aris, kita bergerak serentak untuk program disinfektanisasi diseluruh wilayah Kabupaten Bima. Untuk membangun rasa awarenes dan kewaspadaan masyarakat.

Aris meminta semua pimpinan yang terlibat di Gugus Tugas dapat memasang spanduk sosialisasi, memutus mata rantai penyebaran virus pada unit kerja masing-masing. Kemudian memfasilitasi tersedianya alat cuci bilas atau hand sanitizer. Semua Kecamatan Ikut Bergerak

Sementara itu Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Bima, M Chandra Kusuma, Ap, mengatakan, di Kecamatan Sape, tim Gugus Tugas Covid 19 melaksanakan koordinasi dengan Manager PT. ASDP Sape. Tim akan membahas langkah yang diambil terhadap penumpang, Kapal penyeberangan Ferry.

Kemudian tim melaksanakan penyemprotan disinfektan di Pasar dan Masjid Raya Sape. Namun sehari sebelumnya, tim telah melakukan penyemprotan di Pelabuhan Penyeberangan Laut Sape dan Desa Sari.

Di Kecamatan Lambu, juga dilakukan penyemprotan Disinfektan pada tempat-tempat umum yaitu Masjid Al-Hidayah Desa Rato dan Masjid Arrahmah.
Di Kecamatan Wera, tim Gugus Tugas melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Camat Wera dan fasilitas Umum dilanjutkan dengan sosialisasi ke desa-desa.

Sedangkan di Kecamatan Tambora, setelah tim melakukan penyemprotan pada tempat ibadah, Muspika Kecamatan Tambora, Kepala UPT Puskesmas dan Ketua Forum Kades se Kecamatan Tambora melakukan Rakor terbatas.

Menurut Camat Tambora, Drs Isra, Rakor terbatas itu akan membahas rencana aksi pencegahan Covid-19 selama seminggu kedepan. (ADV)