Hasil Lobi Bupati, Program Bantuan Sosial Kabupaten Bima Meningkat
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Hasil Lobi Bupati, Program Bantuan Sosial Kabupaten Bima Meningkat

Selasa, 03 Maret 2020

Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, SE. 
Bima, SorotNTB.com-Program bantuan sosial untuk Kabupaten Bima hasil lobi Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE ke Kementrian Sosial (Kemensos) terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Program bantuan yang meningkat tersebut antara lain penambahan kartu BPJS bagi warga yang tidak mampu dibiayai APBN. Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bima, Drs. Sirajuddin MM, mengatakan upaya maksimal Pemerintah Kabupaten Bima dibawah kepemimpinan Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE dan Wakil Bupati Bima, Drs. Dahlan M. Noer, melobi anggaran atau program Pemerintah pusat membuahkan hasil.

Misalnya anggaran atau program dalam meringankan beban masyarakat Kabupaten Bima yang tergolong tidak mampu yang belum memiliki kartu BPJS miskin terus meningkat.

Meningkat bantuan BPJS miskin dalam 8 bukan terakhir sebanyak 64.000 dari APBN dan dari APBD 1 lebih 2.700,” katanya, Selasa (3/3/2020).

Bahkan perwakilan BPJS Kesehatan Kabupaten Bima telah menyerahkan sebanyak 31.646 kartu BPJS tahap 8,9 dan 10, belum lama ini. Selanjutnya kartu itu akan distribusikan ke desa-desa mulai awal bulan maret 2020.

“Bantuan yang meningkat setelah Bupati Bima bersurat Kemensos,” katanya.
Tidak hanya itu lanjutnya, bantuan KUBE juga terus mengalami peningkatakan. Dari sebanyaK 30 kelompok pada tahun 2019 lalu, kini naik menjadi sebanyak 150 kelompok tahun 2020.

“Satu kelompok mendapatkan anggaran sebanyak Rp20 juta. Selain itu program RTLH yang didapat 12 kelompok, satu kelompok mendapat Rp150 juta,” pungkasnya. (ADV)