Antisipasi Rabies, Dinas Pertanian Lakukan Vaksin dan Eliminasi
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Antisipasi Rabies, Dinas Pertanian Lakukan Vaksin dan Eliminasi

Selasa, 17 Desember 2019

Kabid Peternakan drh. Juwaihar (Foto : CHoey)
Kota Bima, SorotNTB.com- Untuk mencegah menyabarnya virus rabies pada anjing, kucing dan kera Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Pertanian Kota Bima melakukan langkah antisipasi dengan memberikan vaksinasi pada hewan dimaksud.

Kepala Dinas Pertanian melalui Kabid Peternakan Kota Bima, drh. Juwaihar mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan vaksinasi kepada lebih dari 3. 234 ekor anjing, kucing dan kera yang difokuskan pada wilayah-wilayah tertentu seperti, perbatasan Kota dan Kabupeten Bima, Dodu, Oi Fo'o, dan Panda.

"Selain itu, kami juga melakukan tindakan eliminasi terhadap anjing liar," jelasnya (17/12/2019).

Kata dia, Meskipun banyak kasus gigitan anjing yang terjadi, namun pihaknya belum bisa memastikan apakah itu positif rabies atau bukan. Dan untuk memastikan hal tersebut pihaknya telah mengirimkan sampel berupa otak anjing ke laboratorium di Bali untuk meneliti apakah anjing itu terjangkit rabies atau tidak.

"Sekarang kita sedang menunggu hasilnya. Kepada masyarakat kami mengimbau agar mau melakukan vaksinasi pada hewan piaraannya ke kantor Puskeswan terdekat, ini vaksinasi grastis silahkan datang saja," ajaknya. (SR-01)