Pemkab Bima Kompak Helat Bimtek Ferivikasi BDT
Cari Berita

Iklan 970x90 px

Pemkab Bima Kompak Helat Bimtek Ferivikasi BDT

Kamis, 21 November 2019

Bima, SorotNTB.com-Bappeda bersama Dinas Sosial Kabupaten Bima dan Program KOMPAK dan pemerintah kecamatan Bolo menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Ferivikasi dan validasi dan basis data terpadu (BDT) tingkat Kecamatan Bolo, Rabu (20/11/2019) di aula kantor camat setempat.

Camat Bolo yang diwakili Sekretaris Camat Abbas S.Sos saat membuka kegiatan menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan bimbingan teknis di Kecamatan Bolo. Dirinya juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Bima bagi penyelenggaraan BDT.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Perencanaan Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Bima Raani Wahyuni, ST, MT, MSc dalam sambutannya mengungkapkan, Ferivali data BDT mempunyai peran penting dalam upaya pelaksanaan pembangunan yang tepat sasaran dan efektif.

Bimtek ini dapat ditindak lanjuti (follow up) secara optimal oleh masing-masing pemerintah desa. "Follow up tersebut melalui penerapan felivali offline dan musyawarah desa yang menghasilkan berita acara musyawarah desa (Musdes) sebagai dasar penginputan data verifikasi dan validasi online oleh dinas terkait dalam hal ini Dinas Sosial kabupaten Bima". Jelasnya.

Sementara itu DC kompak bima, Asrullah ST menyampaikan, Bimtek diikuti para unsur Sekdes, Kasi Pemerintahan dan operator SID dari masing-masing desa.

Dikatakan Asrullah, "komitmen pemerintah desa sangat dibutuhkan dalam melakukan tahaoan Ferivikasi dan Validasi DBT ini, karena pemerintah desa dan masyarakat desa lah yang pada akhirnya berkepentingan terhadap data ini". Kata Asrul.

Keberadaan Basis Data Terpadu ini penting mengingat saat ini, semua penerima bantuan pemerintah, mensyaratkan datanya harus berdasarkan DBT hasil Ferivikasi dan validasi. (SR-01)